Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2016

Calling all stations

Calling all stations
Introduction to The Johannine Cosmology

Text: John 1:1-18

Prologue
Science has become a religion of its own. Universities and colleges all around the world are its temples where people come to worship the "gods" of science. For example, the "gods" in physics include Planck, Einstein, Bohr, Schrodinger, Dirac, Heisenberg etc. There were many people who refused to worship these gods, and they were expelled or dismissed as "rebels" or "dissidents". The worst kind of those rebels are called "heretics." Here allow me to tell you a story of a dissident.

Early days
I should admit here: that for some time in the past I have fallen to become such an idol worshipper, especially in the period between 1997-2014. In 1996 I bought a book edited by Wojciech Zurek with title "Complexity, Entropy and the Physics of Information", published by Santa Fe Institute (Addison-Wesley, 1991). Since then, practically I was very …

Rapture

Shalom, some days ago I got an email from an unknown person, he asked several questions concerning Jesus and rapture. Here were my answers:

1. According to John chapter one, who is Jesus Christ? 
- He is Logos, the Word of God who came to this world and became human being. He is also the Lamb of God who gave His life for the salvation of the world.

2. How does a person become a born again Christian?
- A person becomes born again if he/she repents from his/her sins and confess them to God in a prayer, then he/she should pray to receive Jesus Christ and Holy Spirit in his/her heart.
- without repentance, receiving Jesus will not do much changes.

3. Do you believe in the rapture of the church?
- Yes, i believe that some Christians will be lifted up, although they may or may not be the whole members of churches in the world. 
- The reason that only some will be lifted up is because there are unholy members in the churches too.

4. If you do believe in the rapture, then when will it com…

NASA

Shalom, selamat siang saudaraku. Saya yakin Anda pernah mendengar tentang NASA, lembaga antariksa di negeri Paman Sam. Beberapa hari lalu ada berita tentang temuan terbaru NASA yang memberi secercah terang akan apa yang dikatakan Alkitab, dengan demikian mendukung bahwa kisah-kisah yang ditulis dalam Alkitab memang benar adanya.*

23 jam 20 menit
Kisahnya berasal dari para ilmuwan antariksa di Green Belt, Maryland. Mereka sering melakukan perhitungan komputasi yang rumit untuk menentukan orbit benda-benda langit termasuk matahari dan bulan, dengan tujuan untuk menghindarkan tabrakan (collision) antara satelit-satelit buatan dengan obyek-obyek luar angkasa lainnya.(1)
Salah satu yang mereka temukan dari hasil perhitungan tersebut adalah bahwa suatu saat dalam ruang, ada 1 hari yang hilang di masa lampau. Dan mereka nyaris putus asa untuk mencari di mana satu hari yang hilang tersebut. Sampai akhirnya ada seorang Kristen yang berbicara dan menyatakan bahwa dalam salah satu cerita Sekola…

Eksorsisme

Shalom saudaraku, selamat pagi. Kali ini izinkan saya menulis sedikit tentang eksorsisme. Bagi sebagian besar umat Kristen termasuk saya, eksorsisme atau pengusiran setan merupakan suatu hal yang asing dan misterius. Padahal itu merupakan salah satu amanat Tuhan Yesus kepada para murid, lihat ayat berikut ini:

Matius 10:8 >>
"Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma."

Dalam hubungan ini, beberapa bulan lalu saya dan beberapa teman pemuda di gereja kami menyempatkan diri menonton film The Vatican Tapes.(1) Bagi kami film ini sangat menarik dan inspiratif, meskipun menurut beberapa situs review, film ini agak membosankan sebagai film horor.  Setelah menonton film tersebut, saya lalu jadi tergugah untuk mencari tahu tentang praktek eksorsisme yang sebenarnya. Lalu saya menemukan nama Bapa Gabriele Amorth yang merupakan pengusir …

Kristus Kosmik

Beberapa hari yang lalu kita memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kubur. Setidaknya ada dua makna kebangkitan yang patut kita renungkan, yaitu: makna historis dan makna kosmik. Yang penulis maksudkan dengan makna historis adalah fakta bahwa Yesus Kristus benar-benar pernah disalibkan, mati dan bangkit pada hari ketiga. Sementara itu makna kosmik kebangkitan Yesus Kristus menunjukkan bahwa Ia adalah raja di atas segala raja yang tidak dapat dibelenggu oleh maut. 

Kristologi Kosmik
Makna kosmik tersebut erat kaitannya dengan pemahaman Kristologi Kosmik yang merupakan salah satu doktrin Kristen dasar yang paling banyak diperdebatkan dalam 40 tahun terakhir. Kristologi Kosmik amat berkaitan dengan pemahaman tentang pribadi Kristus Kosmik yang bertindak sebagai figur juruselamat yang universal sekaligus inklusif. (1) Ajaran Kristologi Kosmik merupakan warisan iman dari gereja perdana, yang antara lain ditunjukkan oleh prolog Injil Yohanes (hymne Yesus) dan prolog surat Paulus kepad…

CRISPR

Baru-baru ini, dalam suatu laporan James Clapper(1), yang adalah Direktur National Intelligence (DNI) menyatakan bahwa Genome Editing berpotensi menjadi suatu WMD (Weapon of Mass Destruction : senjata pemusnah massal). Sementara itu para ilmuwan sedang berdebat tentang topik ini, sebagian mengusulkan untuk melakukan riset tentang aplikasi genome editing untuk melawan wabah virus Zika. (2)(3)

Virus Spartan
Dalam episode terakhir dari rilis terbaru film X-Files yang baru ditayangkan Pebruari lalu di Fox Tv, dilukiskan betapa dahsyatnya jika teknologi genome editing digunakan sebagai senjata pemusnah massal. Dalam film tersebut, dikisahkan bahwa sekelompok elit yang korup melepaskan virus Spartan yang melumpuhkan kekebalan orang-orang terhadap berbagai penyakit. 
Misalnya Anda seorang militer yang pernah mendapat vaksin anthrax, jika sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik maka virus anthrax tidak akan menyerang Anda. Tapi jika kekebalan Anda lemah maka vaksin tadi berubah menja…

Kesaksian

Waktu : 17:30
Topik: akhir zaman

Shalom saudara-saudariku yang dikasihi Tuhan,
Sore ini saya ingin memberikan kesaksian sedikit tentang apa yang saya alami. Kisahnya dimulai saat kami melakukan pemahaman alkitab kelompok kira-kira  akhir mei yang lalu. Saat pa sudah selesai, seorang teman menunjukkan video di ponselnya, waktu saya tanya apa itu, jawabnya: suara-suara misterius seperti sangkakala dilaporkan di Kanada, Jerman dll.
Saya yakin kita semua sudah membaca atau melihat tayangan tentang sangkakala itu di media. Pertanyaan yang menggangu saya: apakah makna dari peristiwa-peristiwa itu? Apakah itu sekadar rekaan manusia? Memang banyak situs seperti www.enigmablogger.com yang berusaha meyakinkan para pembacanya bahwa itu hanyalah cuplikan suara dari film War of the Worlds yang kemudian dicangkokkan di video rekaman daerah perbukitan di jerman, sehingga memberi kesan suara sangkakala.

Tapi sebelum saya membaca artikel-artikel yang simpang siur tersebut, saya memutuskan untuk berd…

Metamorfosis

Shalom saudaraku,
Pagi ini saya ingin berbagi perenungan saya tentang hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Seperti kita ketahui, metamorfosis adalah suatu proses perubahan bentuk yang terjadi secara dramatis pada suatu organisme. Misalnya dari ulat menjadi kepompong lalu menjadi kupu-kupu. Sebagai catatan awal, saya bukan seorang ahli eskatologi Kitab Wahyu (3)(4), tetapi setidaknya ada beberapa hal yang layak untuk kita simak bersama.

Kalau kita membaca Kitab Suci, di antaranya ada kalimat Paulus yang menyatakan bahwa seluruh makhluk sedang menunggu saat anak-anak Allah dinyatakan (Rom. 8:19). Atau dalam konteks kitab Wahyu, alam semesta sedang menunggu terwujudnya langit baru dan bumi baru (Why. 21:1-7). Saya memahami proses datangnya langit baru dan bumi baru tersebut sebagai proses metamorfosis, seperti ulat yang buruk menjadi kupu-kupu yang indah. 
Dalam hubungan ini kiranya kita dapat belajar memahami makna teologis dari peristiwa Yom Teruah atau Rosh Hashanah yang diperingat…

Persepuluhan

a. Pendahuluan
Shalom, saudaraku
Topik persepuluhan bagi banyak di antara kita sudah kita anggap jelas, sehingga tidak perlu diperdebatkan lagi. Begitu juga hang saya pikir waktu saya mendengar tentang seminar dengan topik persepuluhan. Tapi karena saya ingin tahu juga apa yang akan disampaikan, akhirnya saya ikut seminar tersebut hari Senin dan Selasa tempo hari (24-25 Agustus 2015). Ternyata topik ini masih cukup aktual dan hangat untuk dikupas. Jadi saya ingin berbagi apa hang saya dapatkan dari seminar tersebut. Namun karena pembicara menolak untuk disebut namanya, jadi saya akan lebih banyak refleksikan apa yang saya dapat dari seminar tersebut.

b. Wajibkah persepuluhan bagi orang Kristen?
Bagi sebagian gereja, persepuluhan merupakan salah satu hal yang diwajibkan. Sementara bagi sebagian gereja lainnya, persepuluhan tidak wajib, meski mungkin dianjurkan. Lalu apa dasarnya bagi yang mewajibkan dan bagi yang tidak mewajibkan persepuluhan? 
Berikut ini adalah 3 kemungkinan pendapa…

Bait Suci

Shalom saudaraku, 
Malam ini izinkan saya menulis tentang rencana pembangunan Bait Suci Ketiga di Yerusalem. Tempatnya diperkirakan di tempat sekarang berdiri Dome of The Rock atau juga disebut Temple of the Mount.
Menurut catatan Kejadian, kota Yerusalem sudah ada sejak dahulu kala dan pernah memiliki raja sekaligus imam Allah yang Maha Tinggi, yaitu Melkisedek. Ada kemungkinan, Melkisedek saat bertemu dengan Abraham tidak saja memberkatinya, tapi juga menjadi mentor spiritual dan menasihatinya untuk taat dan menyembah JHWH (Tuhan) saja. Lihat ref. (3) Setelah bangsa Israel dipimpin oleh Yosua memasuki tanah Kanaan, mereka masih belum dapat menduduki Yerusalem. Demikianlah sampai zaman hakim-hakim. Baru ketika Daud diangkat oleh seluruh tua-tua Israel, maka ia mulai memerintah di Yerusalem. Itulah sebabnya kota ini disebut kota Daud. Sepanjang sejarah hingga kini, sudah dua kali Bait Suci dibangun. 
a. Bait Suci Pertama: dibangun oleh Salomo, hingga diruntuhkan oleh Nebukadnezar, dan…

Berkat

Shalom saudaraku,
Siang ini saya mau berbagi cerita sedikit tentang kebenaran Firman Tuhan yang baru saya dapatkan. Selama seminggu ini saya dan dua orang teman mengikuti pelatihan Baca-Gali Alkitab yang diadakan oleh Scripture Union Indonesia. Secara umum pelatihan sangat bagus dan inspiratif sampai hari ini. Dan pagi ini kami mendengar paparan Dr. Yongky Karman tentang kitab Amsal.
Topik Amsal saya kira sudah akrab dengan telinga kita, bukan? Tapi pak Yongky memberikan perspektif yang berbeda tentang takut akan Tuhan. Beliau mengatakan bahwa takut akan Tuhan itu seharusnya tidak membuat kita menghindar dari-Nya, seperti kita takut macan dan menghindari macan. Tapi yang betul seharusnya adalah hormat terhadap Tuhan.  Tapi beliau lalu membuat komentar yang menarik tentang ayat 22:4 yang bunyinya: "Ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan." Komentar beliau yang menggelitik saya adalah sebagai berikut: memang dalam Perjanjian Lama…

Sangkakala

Shalom saudaraku,

Sore ini saya ingin berbagi sedikit tentang suatu gejala yang menghebohkan banyak orang dalam beberapa hari terakhir ini. Tadi pagi, seorang rekan memberitahu saya tentang gejala suara aneh yang terdengar di Terrace, Kanada sekitar 2013. Tapi saya cek di google, ternyata banyak berita online yang juga membahas topik ini beberapa jam yang lalu, artinya ini termasuk topik yang sangat hangat. Di antara negara-negara yang mengamati gejala ini adalah Jerman, Ukraina, Amerika Serikat dan Belarus.

Berikut ini adalah kutipan berita dari Solopos.com hari ini (27/5/2015):

"Sejauh ini, video terbaru yang menampilkan suara semacam itu bertanggal 4 April 2015 di salah satu kota di Jerman. Pada tahun sebelumnya juga ada video yang memperlihatkan kondisi serupa di Kota Terrace BC, Kanada, bertanggal 29 Agustus 2013. Para ilmuwan di Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional atau National Aeronautics and Space Administration (NASA) Amerika Serikat percaya bahwa kebisingan ters…