Kamis, 26 Januari 2017

Carnot

Carnot

"Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna." - 1 Korintus 13:9

Shalom, selamat pagi saudaraku. Anda semua yang pernah mengenyam pendidikan minimal SMA tentu pernah mendengar mengenai dalil Carnot.(1) Dalil ini berhubungan dengan hukum kedua termodinamika.
Dalil yang ditemukan oleh Sadi Carnot ini intinya menyatakan bahwa tidak ada mesin yang dapat beroperasi dengan efisiensi =1. Dengan kata lain, energi input selalu lebih besar daripada energi output (Efisiensi <1).
Nah, yang menarik adalah kemarin (27/10) seorang teman menunjukkan pada saya rekaman video di youtube yang menunjukkan demonstrasi yang dilakukan oleh Dicky Zainal Arifin (kang Dicky) dan Iwan Piliang.(2) Mereka menunjukkan bagaimana Generator tanpa bahan bakar (GTBB) yang disebut Ballaruna yang diklaim dapat menghidupkan 10 lampu 60 watt, sehingga total daya adalah 600watt. Hebatnya, menurut mereka daya tersebut dihasilkan dari Ballaruna tanpa mencolok ke saluran PLN.
Satu kata yang saya dengar tercetus dari mulut kang Dicky adalah dia mengembangkan GTBB dengan konsep "overunity." Yang dimaksud dengan overunity adalah efisiensi mesin >1, artinya melanggar dalil Carnot di atas.

Debunk?
Jelas terlihat bahwa banyak upaya di berbagai situs yang berusaha mendiskreditkan temuan kang Dicky ini, yang disebut aliran sesat, paham yang menyimpang dsb.
Terlepas dari polemik atas motivasi dan paham di balik Ballaruna, saya cenderung bersikap "skeptoptimis," maksudnya sekaligus skeptis dan optimis. Dengan kata lain:
a. Skeptis: kita mesti bertanya, bagaimana landasan teori yang digunakannya ? Kabarnya banyak generator overunity yang dikembangkan berdasarkan teori Nicolas Tesla, namun semua papernya ternyata sulit dilacak. Lebih mudah mencari paper asli Maxwell daripada Tesla.
b. Optimis: namun toh masih ada kemungkinan bahwa teori elektrodinamika yang kita kenal sejauh ini hanya sebagian dari realitas yang lebih kompleks. Namun juga jangan sampai ceroboh seperti kisah heboh "blue energy" beberapa tahun lalu yang sempat mengecoh seorang presiden tapi ternyata hoax belaka.
Sebagai contoh ada generator yang disebut SP500 yang ditawarkan secara online, dan masih banyak lagi jenis generator overunity yang tersedia di internet. (3)(4)

Aspek sains
Bagi pembaca yang menekuni ilmu elektrodinamika, memang konsep overunity yang melanggar dalil Carnot terdengar nonsense, namun jangan lupa perkembangan terbaru menunjukkan adanya sifat nonlinearitas dalam teori elektrodinamika.
Mungkin saja 10-25 tahun dari sekarang teori Maxwell akan dianggap usang (obsolete), sehingga konsep generator overunity bisa saja menjadi suatu kemungkinan yang secara teoretis masuk akal, namun tentunya semua ini perlu dikaji secara cermat.

Penutup
Memang mesti diakui, saya berusaha googling untuk mencari paper landasan teori dari GTBB tapi belum menemukan satu pun. Jadi sepertinya klaim kang Dicky agak sulit dipertanggungjawabkan aspek ilmiahnya. Apalagi kang Dicky tampaknya lebih suka diasosiasikan dengan Lemuria dll, wah ini agaknya akan membuat banyak pihak bertanya-tanya.
Secara personal, saya lebih mendukung program sepeda motor listrik Gesits dari arek-arek ITS. Jika program ini berhasil, mungkin baru para peneliti mau menjajagi konsep generator overunity.

Bagaimana pendapat Anda?

Versi 1.0: 28 oktober 2016, pk. 21:18
VC

Referensi
(1) Dalil Carnot. https://en.wikipedia.org/wiki/Carnot%27s_theorem_(thermodynamics)
(2) http://ridwansoleh.com/uncategorized/maksud-hati-hiw-mau-menyindir-gtbb-apa-daya-data-tidak-akurat/
(3) http://www.overunityresearch.com/index.php?topic=237.150
(4) http://www.fuellesspower.com/


Victor Christianto
*Founder and Technical Director, www.ketindo.com
E-learning and consulting services in renewable energy
**Founder of Second Coming Institute, www.sci4God.com
Http://www.facebook.com/vchristianto
Twitter: @Christianto2013
Phone: (62) 812-30663059
***Papers and books can be found at:
http://nulisbuku.com/books/view_book/9035/sangkakala-sudah-ditiup
http://www.unesco.chair.network.uevora.pt/media/kunena/attachments/731/ChristologyReloaded_Aug2016.pdf
http://fs.gallup.unm.edu/APS-Abstracts/APS-Abstracts-list.htm
http://independent.academia.edu/VChristianto
Http://researchgate.net/profile/Victor_Christianto/
Http://id.linkedin.com/pub/victor-christianto/b/115/167
http://www.amazon.com/Victor-Christianto/e/B00AZEDP4E
http://www.amazon.com/Jesus-Christ-Evangelism-Difficult-ebook/dp/B00AZDJCLA
Http://gospel.16mb.com
http://www.kenosis4mission.tk
http://www.twelvegates.tk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar