Selasa, 10 Oktober 2017

Prewangan?

Prewangan?

Teks: Markus 11:28
dan bertanya kepada-Nya: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?"

Shalom, selamat malam saudaraku terkasih. Hari minggu kemarin, ibadah di gereja kami dipimpin oleh seorang pendeta senior dari salah satu kota di Jawa Timur.* Ia menegaskan bahwa orang-orang Kristen saat ini jangan mau berpuas diri menjadi orang Kristen biasa-biasa saja, melainkan hendaklah kita berani berjalan dalam iman dan dalam kuasa Roh Kudus.
Saya agak tertegun sekaligus terharu mendengar khotbah yang blak-blakan itu. Sudah begitu lama tidak ada yang berani berkhotbah menekankan berjalan dengan iman dan dalam kuasa Tuhan, mungkin karena di gereja kami segala sesuatu cenderung diukur melalui rasio. Bahkan kalau mau menggunakan ungkapan yang tajam, "spiritualitas seringkali direduksi menjadi rasionalitas."
Tidak hanya itu, beliau juga menyatakan bahwa sudah cukup lama mengalami kegalauan dan frustrasi karena banyak rekan-rekan sejawatnya, para pendeta, yang menuduhnya menggunakan "prewangan."
Mengenai istilah prewangan, demikian penjelasan singkat beliau melalui pesan elektronik: "Prewangan itu roh halus, tuyul, gendruwo, jin, dsb. Banyak orang memanfaatkan hal itu untuk bantu supaya orang itu menjadi cepat sukses."

Kuasa
Padahal beliau hanya berdoa dan terus berdoa tiap kali ada jemaat yang sakit, dan satu per satu mujizat dan kuasa Tuhan dinyatakan.(1)
Kini ia mengadakan khotbah penyembuhan seminggu sekali di gerejanya, dan selain itu beliau mengucap syukur bahwa anak-anaknya juga dikaruniai berbagai kemampuan supernatural yang luar biasa. Misalnya, anaknya yang bungsu dapat memerintahkan kepada galon air isi ulang untuk pergi ke sana atau ke sini, hanya dengan mengatakan,"Dalam nama Yesus, pergi ke sana!"
Bukankah hal-hal ini memang pernah dinubuatkan oleh Yesus bahwa para murid akan melakukan hal-hal yang jauh lebih besar?

"Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;" (Yoh. 14:12)

"Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu." (Mat, 17:20)

Seusai dari ibadah, kami sempat berbincang-bincang sejenak, dan saya sempat menyinggung bahwa seringkali gereja masa kini terlalu mengandalkan kemampuan rasional manusia khususnya otak kiri, padahal spiritualitas yang sejati seringkali melampaui rasio. Tentu itu tidak berarti menjadi anti-rasio, melainkan "supra-rasional."

Penutup
Kiranya artikel ini dapat menguatkan iman pembaca sekalian. Seperti ditulis oleh John Ortberg, jika Anda ingin mengalami kuasa Tuhan dan berjalan di atas air, langkah pertama adalah Anda mesti melangkah keluar dari "perahu" Anda. (2)(3)
Perahu itu bukan hal-hal fisik seperti gereja atau kantor atau pabrik, namun batasan yang Anda buat dalam pikiran Anda sendiri.
Selamat berjalan dalam iman.

Versi 1.0: 10 oktober 2017, pk. 17:22
Versi 1.1: 10 oktober 2017, pk. 18:14
VC

*Terimakasih kepada Pdt. Untung Irwanto.

Referensi:
(1) Ken Blue. Authority to Heal. Jakarta: Yayasan Pancar Pijar Alkitab, 2010
(2) John Ortberg. If you want to walk on water..., url: http://www.zumbrolutheran.org/uploads/worship/sermons/2011-worship/3.9.11-walkonwater1.pdf
(3) John Ortberg. Jika anda ingin berjalan di atas air, keluarlah dari perahu. Surabaya: Literatur Perkantas, 2016.





Victor Christianto
*Founder and Technical Director, www.ketindo.com
E-learning and consulting services in renewable energy
**Founder of Second Coming Institute, www.sci4God.com
Http://www.facebook.com/vchristianto
Twitter: @Christianto2013, Line: @ThirdElijah, IG: @ThirdElijah
***books: http://nulisbuku.com/books/view_book/9035/sangkakala-sudah-ditiup
http://nulisbuku.com/books/view_book/9694/sastra-harjendra-ajaran-luhur-dari-tuhan-a5
http://www.unesco.chair.network.uevora.pt/media/kunena/attachments/731/ChristologyReloaded_Aug2016.pdf
http://fs.gallup.unm.edu/APS-Abstracts/APS-Abstracts-list.htm
http://independent.academia.edu/VChristianto
Http://researchgate.net/profile/Victor_Christianto/
http://www.amazon.com/Victor-Christianto/e/B00AZEDP4E
http://nulisbuku.com/books/view_book/9661/teologi-yesus-sobat-kita-10-artikel-dialog-antara-teologi-dan-sains
http://nulisbuku.com/books/view_book/9693/jalan-yang-lurus-manual-anak-anak-terang-a5
http://www.mdpi.com/journal/mathematics/special_issues/Beyond_Quantum_Physics_Computation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar