Selasa, 31 Januari 2017

Garlic

Garlic

Shalom, selamat pagi saudaraku. Garlic alias bawang putih sangat akrab bagi semua orang yang rajin ke dapur, terutama para ibu dan mbak-mbak.


Asal usul
Dalam Alkitab LAI 1974 hanya ada satu ayat yang menyebut bawang putih:

Bilangan 11:5
Kita teringat kepada ikan yang kita makan di Mesir dengan tidak bayar apa-apa, kepada mentimun dan semangka, bawang prei, bawang merah dan bawang putih.

Jadi ayat ini sepertinya menunjukkan bahwa bawang putih berasal dari Mesir dan sangat disukai orang Israel. Namun ada juga yang menduga bahwa bawang putih berasal dari Siberia di Rusia.
Di Palestina ada hampir 70 jenis bawang. Pada zaman kuno bawang merupakan makanan biasa. Dalam Alkitab disebut ada 3 jenis bawang: 1. Bawang merah atau betsalim (allium cepa), yang sering menjadi bahan makanan namun juga berkhasiat obat. 2. Bawang putih atau syumim (allium sativum). 3. Bawang prei atau khasir. Juga digambarkan di kuburan Mesir. (1)

Deskripsi
Bawang putih dapat tumbuh di ladang-ladang di daerah pegunungan dengan hawa sejuk dan cukup mendapat sinar matahari. Berbatang semu dan berwarna hijau. Buahnya terdapat pada bagian bawah dengan akar, umbi bawang putih berbentuk seperti umbi besar dan berwarna putih. Tiap siung bawang putih diselimuti dengan kulit tipis. Berakar serabut. Bila diiris akan menimbulkan aroma yang khas dan rasanya cukup pedas dan getir apabila dimakan mentah.

Manfaat
Bawang putih mengandung senyawa berupa minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain.
Bawang putih dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, menghambat proses penuaan. Ajoene yang ada dalam bawang putih bisa meredam depresi/stres, dan manfaat bawang putih yang lainnya yaitu mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai antitumor.
Penyakit yang bisa diobati menggunakan bawang merah di antaranya: sakit batuk atau flu, kolesterol, kanker, wasir, meningkatkan stamina tubuh, dan gejala diabetes.

Terapi Anti-kanker
Meskipun manfaat bawang putih telah lama dikenal untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, namun masih sangat sedikit penelitian yang dilakukan tentang manfaat tersebut secara spesifik dan mekanisme kimiawinya. Saya hanya menemukan 2 paper ilmiah yang membahas potensi anti-kanker dari bawang putih dan bawang hitam. (4)(5)
Namun akhir-akhir ini mulai dilakukan berbagai penelitian di Indonesia tentang khasiat bawang putih untuk terapi kanker. Salah satu di antaranya adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa kedokteran UGM sekitar tahun 2015 mengenai manfaat bawang putih untuk terapi kanker lidah.(3)
Perlu dikaji lebih lanjut mengenai potensi bawang putih untuk terapi kanker yang lain, misalnya kanker kolon, kanker hati, kanker getah bening, kanker paru, kanker otak, dan proses kanker stadium lanjut seperti metastasis pada otak.(6)

Penutup
Seperti kita ketahui, jika ada seorang pasien didiagnosis menderita kanker, maka dokter akan merekomendasikan untuk kemoterapi. Selain itu, ada juga terapi lainnya seperti ultrasonik atau microsurgery seperti yang ditawarkan oleh rumah sakit besar di dekat rumah kami.
Meskipun obat-obatan modern yang canggih telah tersedia untuk terapi kanker, barangkali ada baiknya jika para dokter dan ahli oncology juga mempertimbangkan kearifan lokal dengan menyertakan bawang putih dalam diet sebagai proses terapi yang lebih holistik. Sehingga pasien dapat mengalami pemulihan dalam waktu yang cepat.

Versi 1.0: 1 Februari 2017, pk. 9:58
VC

Referensi:
(1) apps Kamus Alkitab dari Yayasan SABDA
(2) apps Tanaman Obat
(3) http://www.ugm.ac.id/id/newsPdf/10062-bawang.putih.sebagai.anti.kanker.lidah
(4) Jin-ichi Sasaki et al. Processed black garlic extracts enhance anti-tumor potency against mouse tumors. Medicinal and Aromatic Journal of Plant Science and Biotechnology, 1(2), 2007.
(5) Dominique Boivin et al. Antiproliferative and antioxidant activities of common vegetables: A comparative study. Food chemistry 112 (2009) 374-380.
(6) http://www.naturalnews.com/044365_garlic_brain_cancer_natural_cures.html
(7) http://www.naturalnews.com/044329_beating_cancer_garlic_Alliums.html



Victor Christianto
*Founder and Technical Director, www.ketindo.com
E-learning and consulting services in renewable energy
**Founder of Second Coming Institute, www.sci4God.com
Http://www.facebook.com/vchristianto
Twitter: @Christianto2013
Phone: (62) 812-30663059
***Papers and books can be found at:
http://nulisbuku.com/books/view_book/9035/sangkakala-sudah-ditiup
http://www.unesco.chair.network.uevora.pt/media/kunena/attachments/731/ChristologyReloaded_Aug2016.pdf
http://fs.gallup.unm.edu/APS-Abstracts/APS-Abstracts-list.htm
http://independent.academia.edu/VChristianto
Http://researchgate.net/profile/Victor_Christianto/
Http://id.linkedin.com/pub/victor-christianto/b/115/167
http://www.amazon.com/Victor-Christianto/e/B00AZEDP4E
http://www.amazon.com/Jesus-Christ-Evangelism-Difficult-ebook/dp/B00AZDJCLA
Http://gospel.16mb.com
http://www.kenosis4mission.tk
http://www.twelvegates.tk

Blue Beam

*Project Blue Beam : Skenario Pemunculan Dajjal??*

PENGERTIAN
Project Blue Beam adalah proyek rahasia yang melibatkan NASA dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Terdiri dari sebuah rencana yang melibatkan empat langkah untuk menciptakan sandiwara-buatan mengenai "Kedatangan Kedua YESUS / ISA ALMASIH ke bumi" (second coming of JESUS / ISA ALMASIH) untuk mendirikan  "satu agama dunia" yang dikendalikan oleh Tatanan Dunia Baru. Pertama kali dilaporkan ke publik pada tahun 1994 oleh Serge Monast, seorang wartawan Canada

Serge Monast dan teman wartawannya, keduanya meneliti Project Blue Beam, meninggal karena "serangan jantung" dalam selang beberapa minggu satu sama lainnya, meskipun keduanya tidak memiliki catatan memiliki penyakit jantung.
Saat itu Serge sedang berada di Kanada. Wartawan Kanada temannya sedang berkunjung Irlandia.
Sebelum kematiannya, pemerintah Kanada menculik putri Serge dalam upaya mencegahnya untuk terus melakukan penelitian Project Blue Beam.

Senin, 30 Januari 2017

Project Blue Beam

*Project Blue Beam : Skenario Pemunculan Dajjal??*

PENGERTIAN
Project Blue Beam adalah proyek rahasia yang melibatkan NASA dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Terdiri dari sebuah rencana yang melibatkan empat langkah untuk menciptakan sandiwara-buatan mengenai "Kedatangan Kedua YESUS / ISA ALMASIH ke bumi" (second coming of JESUS / ISA ALMASIH) untuk mendirikan  "satu agama dunia" yang dikendalikan oleh Tatanan Dunia Baru. Pertama kali dilaporkan ke publik pada tahun 1994 oleh Serge Monast, seorang wartawan Canada 

Serge Monast dan teman wartawannya, keduanya meneliti Project Blue Beam, meninggal karena "serangan jantung" dalam selang beberapa minggu satu sama lainnya, meskipun keduanya tidak memiliki catatan memiliki penyakit jantung.
Saat itu Serge sedang berada di Kanada. Wartawan Kanada temannya sedang berkunjung Irlandia.
Sebelum kematiannya, pemerintah Kanada menculik putri Serge dalam upaya mencegahnya untuk terus melakukan penelitian Project Blue Beam. Hingga kini, putrinya tidak pernah kembali.

RINGKASAN
Project Bluebeam adalah proyek rahasia NASA, dimana dengan menggunakan teknologi canggih seperti HAARP (High Frequency Active Auroral Research Program atau Program Penyelidikan Aurora Aktif Frekuensi Tinggi), dengan alat ini mereka akan menciptakan sandiwara yang sangat canggih untuk menipu umat dunia.

Antena HAARP di Alaska
Mereka akan mensimulasikan turunnya YESUS / ISA ALMASIH  ke bumi, tapi sebelumnya mereka juga akan mensimulasikan serangan UFO ke bumi terlebih dahulu.

Awan Aneh Akibat Penggunaan HAARP

Tujuannya?
untuk membuat masyarakat ketakutan… sehingga mereka membutuhkan penolong.. disinilah sang messiah palsu akan turun (antikris/dajjal), dan akan berpura-pura menjadi penyelamat mereka.
Antikris akan menyuruh manusia untuk bersatu menjadi satu pemerintahan (one world government).
Antikris akan mengaku sebagai Messiah, dan memproklamirkan diri sebagai Tuhan, dan menyuruh manusia untuk menyembahnya (one world religion)
Ditambah lagi dengan teknologi HAARP yang bisa mengatur mood manusia, sehingga seakan-akan manusia di seluruh dunia merasa sedang berhadapan langsung dengan Tuhannya… seperti cerita fiksi ya?

Proyek Blue Beam : Norwegia - 10 Desember 2009
Memang itulah yang mereka harapkan, meyakinkan bahwa skenario itu hanya mengada-ada. Salah satu cara untuk mensukseskan semua program dan proyek dari golongan hitam selama ini adalah: membuat seakan-akan semua itu tidak mungkin dan omong kosong, baik di bidang ekonomi, politik, ideologi, sosial, budaya dan pertahanan serta keamanan. Tapi lihatlah, hampir semua program dan proyeknya sukses untuk mengambil alih dunia.

SEJARAH
Project Blue Beam diyakini merupakan kelanjutan dari eksperimen seperti Philadelphia dan Montauk, yang dikerjakan oleh militer Amerika Serikat di tahun 1940-an.

Blue Beam tampaknya berbasis di kompleks dengan keamanan yang tinggi yaitu di Area 51, Nevada, Amerika Serikat. Proyek ini diduga telah melakukan eksperimen berkali-kali di daerah terpencil dengan membuat gambar holografik/hologram YESUS KRISTUS dan UFO.

Proyek Rahasia Para Penyembah Setan
Bagi yang merasa heran apa hubungannya antara antikris dengan Project Bluebeam?
Project Bluebeam adalah salah satu agenda untuk pembentukan New World Order. Dimana pelaksana agenda ini adalah orang-orang yang menyembah iblis / lucifer.
Dan Iblis mempersiapkan rencananya dengan baik untuk menyesatkan manusia dengan bekerja sama dengan para pemujanya, yaitu dengan mempersiapkan kedatangan dajjal/ antikris di muka bumi agar semua manusia tidak menyembah TUHAN / ALLAH tapi menyembah sang dajjal.

Ini hanya ringkasannya saja, krn yg sebenarnya ulasan ini sangat panjang dan disertai gambar-gambar penunjang.

Sabtu, 28 Januari 2017

Korban

Korban

Teks: Yes. 53:10-12
10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.

Shalom, selamat malam saudaraku. Sebuah artikel yang baru dirilis hari ini menyatakan bahwa harapan terakhir bagi bangsa Amerika bukanlah salah satu partai, namun hanya pada Yesus.(1) Entah Anda setuju atau tidak dengan pernyataan tersebut, memang salah satu pertanyaan yang kerap diperdebatkan oleh para teolog dan sejarawan adalah: mengapa Yesus sampai disalibkan? Apakah ia korban keadaan politik saat itu, ataukah Dia memang datang ke bumi untuk menjadi korban tebusan bagi seluruh dosa umat manusia? Tulisan kali ini ingin memfokuskan pada makna istilah "korban."

a. Korban politik (3)(5)
Beberapa teolog, biasanya yang cenderung liberal, menyatakan bahwa Yesus adalah korban situasi politik saat itu. Ia sengaja dikorbankan oleh para tua-tua Yahudi demi menyelamatkan reputasi mereka sebagai tokoh masyarakat, sambil menjaga stabilitas nasional di bawah regim Romawi.
Benarkah demikian? Sore tadi saya dan beberapa rekan pemuda di gereja menyaksikan ulang film yang sangat bagus yaitu: "Passion of the Christ." Film yang digarap oleh Mel Gibson itu diawali oleh doa Yesus di taman Getsemani.
Tidak nampak di situ bahwa Ia sedang tersudut secara politis, Ia justru sedang memohon kepada Bapa agar tugas seberat itu boleh diangkat dari pundak-Nya. Kisah ini sangat dekat dengan penuturan keempat Injil. Dengan kata lain, Yesus berdialog dengan Bapa sebelum Ia dengan rela menyerahkan nyawa-Nya ke tangan prajurit-prajurit yang menangkap-Nya.
Jadi teori korban politik ini jelas bisa dikesampingkan.

b. Korban pengkhianatan
Bisa juga dikemukakan hipotesis bahwa Yesus adalah korban pengkhianatan atau dijebak oleh Yudas murid-Nya sendiri.
Memang ada tokoh-tokoh besar seperti misalnya Julius Caesar dan JFK yang dikhianati oleh orang-orang terdekat mereka. Namun, sekalipun Yesus memang dikhianati oleh Yudas, Yesus telah tahu dari semula bahwa salah satu dari murid-Nya adalah Iblis.
Bahkan ada sementara orang yang berkeyakinan bahwa nabi Allah tidak mungkin kalah, jadi mereka lalu mengajukan hipotesis penggantian, yang intinya bahwa sebenarnya yang disalibkan adalah Yudas yang telah diubah wajahnya menjadi mirip Yesus. Ini jelas bukan suatu gagasan yang alkitabiah.
Jadi hipotesis ini juga pupus dengan sendirinya, jika saja Anda mau menelaah Injil dengan serius.

c. Korban tebusan (2)
Hanya ada satu kemungkinan lagi yang tersisa, bahwa Yesus Sang Putra Allah itu sengaja diutus oleh Bapa untuk turun ke dunia yang fana ini. Ia menerobos masuk ke dalam sejarah manusia yang carut-marut dengan satu tujuan, yakni membebaskan manusia dari belenggu dosa dan hukuman maut sebagai akibatnya.
Untuk itu, keadilan Allah menuntut hukuman yang setimpal akan pemberontakan manusia, maka Yesus rela menyerahkan hidup-Nya untuk menerima murka Allah yang demikian dahsyat itu, supaya barangsiapa yang percaya kepada Yesus tidak akan binasa melainkan beroleb hidup yang kekal.
Itulah yang dimaksud dengan keadilan penebusan atau redemptive justice.
Ada sebuah disertasi beberapa tahun lalu di Vrije Universiteit, karya seorang anak bangsa, yang mengupas makna istilah Yesus sebagai korban.(3) Tentunya ini bacaan yang bisa dirujuk khususnya jika seorang hendak menyampaikan kabar baik dalam konteks masyarakat plural.

Pesan moral
Lalu apakah pesan moral yang dapat kita petik dari pengorbanan Yesus di atas kayu salib? Setidaknya ada tiga hal yang perlu kita perhatikan:
1. Tentu kita mesti merenungkan betapa setiap tetes darah dan bilur-bilur Yesus itu menebus dan menyucikan natur kemanusiaan kita yang penuh dosa.
2. Namun juga hendaknya umat Kristen tidak boleh naif dan buta akan situasi politik, kita perlu menerobos ke dalam kefanaan politik, lalu mengangkatnya menjadi drama kolosal akan karya penyelamatan Allah melalui Yesus Kristus. Itulah misi Yesus yang sesungguhnya.
3. Dan yang terakhir, kematian Yesus sebagai korban yang kudus menunjukkan bahwa Dialah Anak Domba Allah yang mati untuk mengangkut dosa manusia. Dialah Mesias yang sejati, dan hanya di dalam nama-Nya ada jaminan akan keselamatan dan hidup kekal.(4)(6) Itulah juga yang coba disampaikan dalam pesan wasiat Rabi Kaduri yang terkenal, yang menulis bahwa Mesias yang sejati itu adalah Yehoshuah. Namun sayangnya para ahli Yudaisme dan kebanyakan orang Yahudi meremehkan wasiat tersebut.(7)

versi 1.0: 28 januari 2017, pk. 22:49
VC

Referensi:
(1) http://www.therepublic.com/2017/01/28/jesus_not_politicians_represents_our_hope/
(2) W.S. Wibowo. Jesus as kurban: Christology in the context of Islam in Indonesia. Dissertation submitted to Vrije Universiteit, 2015. Url: http://dspace.ubvu.vu.nl/bitstream/handle/1871/52092/complete_dissertation.pdf?sequence=1
(3) http://www.gospel-mysteries.net/crucifixion-jesus.html
(4) Martin Hengel. Crucifixion. London: SCM Press Ltd., 1977
(5) http://bloggist-riobatubara.blogspot.co.id/2011/04/korban-yesus-dalam-surat-ibrani.html
(6) Jurgen Moltmann. The crucified God. London: SCM Press Ltd., 1974
(7) http://www.triumphpro.com/rabbi-kaduri-and-yeshua.pdf


Victor Christianto
*Founder and Technical Director, www.ketindo.com
E-learning and consulting services in renewable energy
**Founder of Second Coming Institute, www.sci4God.com
Http://www.facebook.com/vchristianto
Twitter: @Christianto2013
Phone: (62) 812-30663059
***Papers and books can be found at:
http://nulisbuku.com/books/view_book/9035/sangkakala-sudah-ditiup
http://www.unesco.chair.network.uevora.pt/media/kunena/attachments/731/ChristologyReloaded_Aug2016.pdf
http://fs.gallup.unm.edu/APS-Abstracts/APS-Abstracts-list.htm
http://independent.academia.edu/VChristianto
Http://researchgate.net/profile/Victor_Christianto/
Http://id.linkedin.com/pub/victor-christianto/b/115/167
http://www.amazon.com/Victor-Christianto/e/B00AZEDP4E
http://www.amazon.com/Jesus-Christ-Evangelism-Difficult-ebook/dp/B00AZDJCLA
Http://gospel.16mb.com
http://www.kenosis4mission.tk
http://www.twelvegates.tk

Kamis, 26 Januari 2017

Imlek

Imlek

Shalom, selamat pagi saudaraku. Besok pagi, saudara-saudari kita yang beretnis tionghoa akan merayakan Tahun Baru China yang kerap disebut Imlek. Kemarin saya memperoleh sebuah buku bagus karya seorang pendeta senior yang saya kenal, judulnya: "Kekristenan dan ketionghoaan: telaah atas imlek dan filsafat ketionghoaan."(4)
Buku itu menarik, tapi sayang sekali saya belum sempat menyelesaikannya. Jadi saya memutuskan untuk mengirim pesan teks ke pengarangnya yang kebetulan pernah menjadi pendeta jemaat di gereja kami dulu sekitar tahun 1992-2000an.
Begini isi sms saya kepada beliau:

"Saya baru mendapat buku bapak tentang imlek. Boleh tanya sedikit?
A. Apakah tahun baru imlek itu memuja dewa Naga atau memuji Tian?
B. Apakah betul Konfusianisme itu sebentuk teisme yang menyembah Tian?
C. Bolehkah umat kristen tionghoa ikut merayakan tahun baru China?
Mohon tanggapan bapak dari aspek teologis dan historis. Tq."

Kemudian beliau menjawab sebagai berikut:

"Soal Imlek sebenarnya merupakan hari raya pergantian musim, tetapi dikaitkan dengan Nian. Jadi tidak ada hubungan dengan Liong/Naga dan Tian/ShangTi. Sedang Konfusianisme mengedepankan filosofi jen/ren (kemanusiaan), bukan pada teisme. Umat Kristen boleh merayakan festival budaya, bukan keagamaan. Kebaktian dilakukan sebagai pengucapan syukur pergantian musim."

Mengenai apa itu filosofi Jen dijelaskan dalam buku beliau sebagai berikut:
"Istilah Jun Zi menunjuk kepada seorang yang memiliki keunggulan moral dan etika melalui kebajikan (virtue), sehingga mengalami kedamaian batiniah. Keunggulan moral dan etika tersebut terjadi karena seseorang senantiasa memperbaiki dirinya sendiri menjadi orang yang benar."(4)

Tian
Dari studi sejarah agama kuno di China, kita ketahui bahwa nenek moyang dan leluhur Tiongkok mengenal Tian, yang sinonim dengan ShangDi atau ShangTi (Lord of the High), namun kemudian bergeser artinya lalu disebut "langit." (1) Konsep Tian itu boleh jadi lebih dekat dengan apa yang disebut oleh Paulus dengan "Agnostos Theos" dalam pidatonya di Athena, 2000 tahun silam:

"Sebab ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu." Kis. 17:23

Bandingkan dengan teks Yoh. 7:28 ini:

Waktu Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berseru: "Memang Aku kamu kenal dan kamu tahu dari mana asal-Ku; namun Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, tetapi Aku diutus oleh Dia yang benar yang tidak kamu kenal."

Saya tidak mendalami agama kuno di China dan juga belum pernah pergi ke RRC, jadi tidak bermaksud mengajari siapapun tentang agama-agama kuno di sana, namun silakan lihat misalnya buku Matteo Ricci, Tianzhu Shi yi (2).
Bahwa yang dikenal sebagai Sang Pencipta dalam Konfusianisme disebut "Tian," dapat dibaca misalnya di buku World Religions: Almanac vol. 1. (3)
Sayang sekali, tampaknya kini terdapat semacam kontradiksi antara masyarakat Tiongkok yang masih menghormati agama kuno tersebut, dengan kebijakan negara yang secara resmi masih komunis (Marxis-Leninis). Mungkin ke depan, ini merupakan pekerjaan rumah besar bagi pemerintah RRC.

Penutup
Demikian artikel singkat ini kiranya berguna bagi kita semua. Selamat merayakan tahun baru China bagi saudara-saudaraku yang merayakannya. Tuhan memberkati Anda.
Gongxi - Xinnian meng en, Selamat Tahun Baru Cina
Wanshiruyi - Semoga apa yang engkau harapkan terkabul
Jiqingyouyu - Semoga kebahagiaanmu tanpa batas.

Versi 1.0: 27 januari 2017, pk. 9:07
VC

Note: terimakasih kepada Pdt. Yohanes Bambang Mulyono, MTh.

Referensi:
(1) https://en.m.wikipedia.org/wiki/Tian
(2) Matteo Ricci. Tianzhu zi yi. (The true meaning of the Lord of High). Url: http://en.cnki.com.cn/Article_en/CJFDTotal-ZGFY200806008.htm
(3) Michael J. O'Neal & J. Sydney Jones. World Religions: Almanac. Vol. 1. Farmington Hills: Thomson Gale, 2007. See p. 151-175.
(4) Yohanes Bambang Mulyono. Kekristenan dan ketionghoaan: telaah atas imlek dan filsafat ketionghoaan. Jakarta: Grafika KreasIndo, 2015.


Victor Christianto
*Founder and Technical Director, www.ketindo.com
E-learning and consulting services in renewable energy
**Founder of Second Coming Institute, www.sci4God.com
Http://www.facebook.com/vchristianto
Twitter: @Christianto2013
Phone: (62) 812-30663059
***Papers and books can be found at:
http://nulisbuku.com/books/view_book/9035/sangkakala-sudah-ditiup
http://www.unesco.chair.network.uevora.pt/media/kunena/attachments/731/ChristologyReloaded_Aug2016.pdf
http://fs.gallup.unm.edu/APS-Abstracts/APS-Abstracts-list.htm
http://independent.academia.edu/VChristianto
Http://researchgate.net/profile/Victor_Christianto/
Http://id.linkedin.com/pub/victor-christianto/b/115/167
http://www.amazon.com/Victor-Christianto/e/B00AZEDP4E
http://www.amazon.com/Jesus-Christ-Evangelism-Difficult-ebook/dp/B00AZDJCLA
Http://gospel.16mb.com
http://www.kenosis4mission.tk
http://www.twelvegates.tk

Nesdok

Nesdok

Shalom, selamat pagi saudaraku. Pagi ini izinkan saya membicarakan tentang sudut pandang. Apakah Anda pernah mendengar kisah berikut ini?
Suatu hari, ada tiga orang teman lama sedang melewatkan waktu setelah makan siang. Yang satu adalah seorang insinyur, lalu temannya dokter, dan yang terakhir adalah ekonom. Topik yang mereka bicarakan adalah penciptaan menurut kitab Kejadian. Si insinyur mengawali dengan pertanyaan: "Ingatkah kalian bahwa Tuhan memisahkan lautan dari daratan? Menurut saya Tuhan itu seorang insinyur." Lalu kawannya yang dokter menyahut: "Tidak mungkin. Tuhanlah yang mengoperasi Adam dan mengambil rusuknya, lalu menciptakan Hawa. Jadi Dia adalah dokter." Si ekonom jadi kesal, lalu menukas: "Kalian semua tidak mengerti. Menurut kalian, dari manakah asalnya semua kekacauan di dunia? Hanya seorang ekonom yang bisa."
Ya, ini adalah sebuah humor yang sudah kuno. Mungkin kalau ada orang keempat, dia akan menambahkan perspektif baru, yaitu bahwa Tuhan juga seorang pelukis. Sebab Dialah yang melukis cakrawala, langit dan pegunungan dengan begitu indahnya.
Omong-omong tentang pelukis, saya ingin melanjutkan artikel yang saya tulis sebelumnya tentang dyslexia (3).

Dyslexia
Ceritanya, teman SMA saya menulis buku yang sangat bagus tentang anaknya yang mengalami kesulitan membaca, lalu buku itu diangkat menjadi film berjudul Wonderful Life. Kali ini saya tidak akan menulis lagi tentang film tersebut, namun saya akan fokus tentang seorang anak yang mengalami dyslexia.*
Ketika teman saya ini, namanya Lia, mulai mengajar anaknya mengeja benda-benda di dalam rumah, ia mendapati bahwa anaknya sering keliru:
- Sendok, Qil.
- Nesdok.
- Sen-dok
- Nes-dok
Saya mencoba membayangkan, kalau Lia terus-menerus mendapat jawaban yang keliru, bisa-bisa ia frustrasi. Namun ia tidak menyadari penyebab sebenarnya kesulitan mengeja yang dialami Aqil, sampai Aqil di kelas 2 dan ibunya memperoleh laporan bahwa Aqil mengalami dyslexia. Aqil juga diprediksi tidak akan memiliki karir akademis apa pun dalam hidupnya. Dan tidak ada obat apapun bagi penderita dyslexia.
Bagaimana jika Anda memiliki anak seperti Aqil? Mungkin Anda akan menuduh Tuhan tidak adil dan sedang marah kepada Anda. Demikian juga Lia, sepulang dari tempat ia mendengar laporan bahwa Aqil mengalami dyslexia yang tidak bisa sembuh, ia masuk ke sebuah taxi, dan menangis keras-keras. Ia protes kepada Tuhan yang dirasanya tidak adil kepadanya.
Namun si sopir taxi malah menegur dia: "Ibu kenapa menangis? Kok tidak bisa bersyukur. Kan ibu bisa menyekolahkan anak ibu di sekolah mahal ini, mestinya bersyukur karena tidak semua orangtua bisa menyekolahkan anaknya di sini. Ibu juga bisa naik taxi yang mahal ini, lihat di kanan kiri kita banyak orang yang kepanasan dan berkeringat naik sepeda motor. Belajarlah untuk bersyukur."
Lia bercerita kepada saya, bahwa saat ia mendengar teguran dari sopir taxi itu, ia merasa pipinya seperti ditampar oleh Tuhan. Ia lalu merenung, sopir taxi ini betul juga ya, ia mesti belajar bersyukur dan tidak hanya protes kepada Tuhan.
Bagaimana kisah Lia selanjutnya dalam membesarkan Aqil? Saya tidak akan memberikan spoiler di sini. Silakan membacanya di buku Wonderful Life karya Amalia Prabowo, atau silakan menonton film Wonderful Life.

Kesukaran yang berguna
Menurut penelitian yang dilaporkan Malcolm Gladwell (2), pengidap disleksia menggunakan belahan otak kanan lebih banyak ketika membaca dibanding dengan pembaca normal. Belahan otak kanan adalah sisi konseptual. Itu bagian yang salah untuk tugas yang ketat dan perlu ketepatan seperti membaca. Mungkin hal ini disebabkan oleh susunan jaringan syaraf di bagian otak tertentu yang tidak berkembang sebagaimana otak anak normal.
Adakalanya ketika pengidap disleksia membaca, tiap langkahnya terhambat, seolah berbagai bagian otak yang bertanggung jawab dalam membaca sedang berkomunikasi lewat hubungan yang lemah.
Salah satu cara mengetes keberadaan disleksia pada anak kecil adalah dengan menyuruhnya melakukan "penyebutan nama otomatis dengan cepat." Tunjukkan berbagai warna dengan cepat - merah, lalu hijau, lalu biru, lalu kuning- dan cek tanggapannya. Lihat warna. Kenali warna. Hubungkan nama dengan warna. Sebut namanya. Itu otomatis bagi kebanyakan kita, namun tak otomatis bagi pengidap gangguan membaca.
Atau coba tes berikut: dengarkan dua bunyi ini "sen" dan "dok." Bisakah mereka menggabungkannya menjadi "sendok"?
Seperti pengalaman Lia di atas, Aqil mengalami kesulitan tidak hanya dalam mengeja namun juga dalam menggabungkan suku kata. Menurut penuturan dalam bukunya, Aqil merasa seperti huruf-huruf itu melompat-lompat dalam benaknya.
Lalu bagaimana membesarkan anak seperti ini?
Dalam kasus Lia, secara perlahan ia mulai menyadari bahwa Aqil memiliki 3 kelebihan yang sangat menonjol: imajinasi yang liar, ketrampilan sosial yang tinggi, dan bakat melukis yang luar biasa.
Seperti dikisahkan dalam film Wonderful Life, Lia pernah mengajak Aqil berjalan-jalan di hutan, dan di suatu tempat Aqil berhenti lama. Ketika ditanya ibunya kenapa dia tidak mau jalan terus, dia menjawab: "sebentar Umi, ini sepatuku lagi berbicara dengan jamur-jamur pohon ini." Artinya, imajinasinya sangat tidak biasa untuk anak seusianya. Dan ketika sampai di rumah, Aqil langsung menuangkan imajinasinya ke atas kertas dan jadilah gambar tentang jamur yang bercakap-cakap dengan sepatunya.
Aqil juga pernah kesasar di jalan, dan ibunya cemas ketika melihat anaknya dikerubuti orang. Ternyata orang-orang mengerubutinya bukan karena ketabrak, namun karena mereka mengagumi gambarnya. Aqil ternyata dapat dengan mudah menceritakan gambarnya kepada orang-orang dan mereka menyukai dia. Itulah ketrampilan sosial.
Setelah itu, Lia menyadari bahwa Aqil mungkin tidak memiliki masa depan akademis seperti anak-anak lain, namun Aqil memiliki masa depan yang lain, yaitu sebagai pelukis. Ya pelukis muda yang otodidak seperti Basquiat yang sangat terkenal sebagai pelukis mural di New York. Bahkan konon Andy Warhol yang ngetop itu pernah belajar pada Basquiat yang dianggap pelukis jalanan.
Kini, 3 tahun kemudian, berita terakhir yang saya dengar desember 2016, Aqil baru selesai mengadakan pameran lukisan di salah satu galeri di Jakarta, lalu akhir desember dilanjutkan dengan pameran di Amsterdam.
Kiranya benar kalimat ini: Tuhan menciptakan setiap anak dengan rancangan yang indah. Adalah tugas orangtuanya untuk menemukan rancangan tersembunyi itu.
Kelebihan khusus anak-anak yang mengidap disleksia juga pernah dibahas di majalah Scientific American (1).

Inovator
Menurut suatu survei, di antara kebanyakan inovator (penemu) dan para pemimpin perusahaan, sekitar sepertiganya mengalami disleksia. Psikolog Jordan Peterson menyatakan inovator dan kaum revolusioner cenderung memiliki campuran tertentu sifat-sifat unik khususnya tiga yang berikut: keterbukaan, kehati-hatian, dan keramahan. Apakah tiga sifat ini berkorelasi dengan sifat yang dikembangkan oleh pengidap disleksia? Bisa jadi demikian.
Satu hal yang pasti, seringkali anak-anak baik normal maupun tidak, mesti mengembangkan suatu strategi sejak dini, bagaimana mereka dapat menemukan tempatnya di dunia. George Bernard Shaw mengatakan: "Orang yang masuk akal menyesuaikan diri dengan dunia, orang yang tak masuk akal terus mencoba menyesuaikan dunia dengan dirinya. Oleh karena itu segala kemajuan bergantung kepada orang yang tak masuk akal."
Lalu bagaimana dengan teori evolusi yang mengajarkan penyesuaian diri melalui seleksi alam? Menurut teori Darwin, mereka yang tidak dapat menyesuaikan diri tidak akan bertahan. Benarkah bahwa hanya yang kuat, yang cepat, dan yang cerdas yang akan bertahan?
Berikut ini adalah jawaban yang saya berikan kepada seorang profesor matematika asal Amerika yang baru pulang dari pulau Galapagos. Galapagos adalah pulau di mana Charles Darwin pernah meneliti dan mengembangkan gagasan evolusinya.
Intinya, saya menjawab bahwa kisah Daud versus Goliat mengatakan dengan apik bahwa bukan yang terkuat dan tercepat yang akan bertahan, namun mereka yang mengandalkan Tuhan dan memahami dirinya sendiri yang akan bertahan.
Jadi jika anak Anda tidak mungkin menjadi insinyur atau dokter atau ekonom, mungkin ia memiliki masa depan lain sebagai pelukis, ilustrator atau inovator.

"Punya-Mulah lengan yang perkasa, kuat tangan-Mu dan tinggi tangan kanan-Mu."- Mzm. 89:13

Jawaban saya selengkapnya berikut ini.

Versi 1.0: 15 Januari 2017, pk. 19.00
VC

*Note: artikel ini ditulis untuk Amalia dan semua ortu yang memiliki anak yang mengalami gangguan belajar, termasuk autis, ADHD, disleksia dll. Terimakasih atas bukunya.

Referensi:
(1) https://www.scientificamerican.com/article/the-advantages-of-dyslexia/
(2) Malcolm Gladwell. David dan Goliath. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.
(3) http://sabdaspace.org/dyslexia

-----
Jawaban email saya kepada seorang profesor matematika:

On evolution

Dear Prof. Florentin Smarandache

In response to your email:

"I just returned from Galapagos, where Darwin went about 180 years ago.
You are a scientist and a religious man.
Can you tell me what do you think about Evolutionism vs. Creationism ?"

Congratulation to your tour, hopefully you got new insights from the field experience. You can write a book for example: "Galapagos revisited," or something like that.

If you want to know evolution vs. creation, you need a thick book on this subject. But allow me to offer you a simple guide to the whole panorama on this topic.

I will not pretend to say that I know the latest development on evolutionism and creationism debate, but I will try to explain to you some objections on Darwinian evolution theory. With respect to creationism, I will desccribe it later.

Comments on evolutionism:

a. Origin of ideas:
Some authors wrote that Charles Darwin was influenced by Erasmus Darwin, his grandfather, although Charles tried to deny this influence. And Erasmus was known as anti-Christianity scientist. Now you know what I try to say.(2)(3)
Secondly, Charles Darwin was influenced by Adam Smith, but perhaps only a little. He was much more influenced by Malthusian thinking on scarcity of resources which triggers human struggle:

"In October 1838, that is, fifteen months after I had begun my systematic inquiry, I happened to read for amusement Malthus on Population, and being well prepared to appreciate the struggle for existence which everywhere goes on from long- continued observation of the habits of animals and plants, it at once struck me that under these circumstances favourable variations would tend to be preserved, and unfavourable ones to be destroyed. The results of this would be the formation of a new species. Here, then I had at last got a theory by which to work". - Charles Darwin - Autobiography(5)

b. methodology:
As you know much more on statistics, allow me to tell you: what will you do if a student want to generalize his small scale experiment? You will say that it is inadequate generalization, right? But many scientists deny to say that Darwinian theory was based on inadequate generalization of observations he made in Galapagos island.
In biblical study, we are told that we should not inject our ideas into the text (eisegesis), but instead we should learn from the text (exegesis). If we consider "nature" as the text, then we can also say that Darwin's fault was he did too much "eisegesis" instead of "exegesis."

c. Impact:
Charles Darwin has impacted on many ruthless businessmen since early days, that is why some people call him as the father of economics study. (1)(4)
Is it true that we can do a business without any regard on morality or business ethics? Yes, many businessmen still think like animals, that is the truth. And this is the ultimate source of economics inequality and poor business ethics on workers.
Nowadays, we see how ruthless is the life standard of MNC manufactures in third world countries, in the name of business efficiency. That is a scandal!
In biology thinking, these businessmen were influenced and brainwashed by Richard Dawkins's book: the selfish gene. They say that they have rights to be selfish. That is how modern humanity becomes degraded.
Of course, I refer to business ethics in 19th century era which were influenced by Darwinian thinking. Nowadays many MNCs have practiced better business ethics.

d. Recent developments:
There are many developments nowadays, I will mention only three:
- evolutionary economics: the study of economics as evolutionary science.
- evolutionary biology: how evolution theory impact biology. Interestingly, one scholar and researcher in this field offers a new term: frozen evolution, which undermines the very notion of forced transmutation.(10)

e. Lev Landau:
Prof. Lev Landau, a Nobel Laureate from Russia, once was asked what is his opinion on evolution. He just joked on that issue: "if inherited transmutation is correct, then a woman should give birth daughters who are not virgin.". (Of course, all daughters are born as virgins from their mother, so the notion of inherited transmutation is wrong.)

f. lluminati, Lochness Monster and other stuff
New study tells that Charles Darwin was a member of Illuminati.(6)(8)
Moreover, I was told by Jesus Christ several years ago, that Charles Darwin praised animal's strength, although he claimed that he is a Christian. But his thoughts were anti-Christian, just like his grandfather, Erasmus Darwin.
Jesus also told me that Darwin praised an animal especially Lochness Monster, but unfortunately I cannot give you a link on that.

g. Conclusion: David and Goliath
Did you read a famous biblical story of David vs. Goliath? Who won?
Goliath represented the strength and speed of giant, but David represented a weak and smaller soldier who stands in the name of God.
If Darwin is correct, then Goliath should win ultimately, but you know the rest of the story. Read Malcolm Gladwell (10)(7).
As a Christian, I should say that we are all weak and meek, and we are sent like sheeps into the crowd of wolves. But I believe in the story of David vs. Goliath.
Hopefully you will learn one or two from this message.

Version 1.0: 15 january 2017, pk. 5:19
VC

References:
(1) Jerry Bergman. Url: http://www.creationontheweb.com/images/pdfs/tj/j16_2/j16_2_105-109.pdf
(2) http://www.talkorigins.org/faqs/precursors/precurstrans.html
(3) http://creation.com/darwinism-it-was-all-in-the-family
(4) https://evolution-institute.org/article/charles-darwin-as-the-father-of-economics-a-conversation-with-robert-frank/
(5) http://www.ucmp.berkeley.edu/history/malthus.html
(6) http://beforeitsnews.com/alternative/2014/08/charles-darwin-illuminati-family-member-exposed-the-illuminati-evolution-deception-video-3016576.html
(7) Malcolm Gladwell. David and Goliath.
(8) http://www.fourwinds10.net/siterun_data/government/new_world_order/news.php?q=1269135385
(9) http://www.frozenevolution.com
(10) http://davidandgoliathmalcolmgladwell14.weebly.com/chapter-summaries.html



Victor Christianto
*Founder and Technical Director, www.ketindo.com
E-learning and consulting services in renewable energy
**Founder of Second Coming Institute, www.sci4God.com
Http://www.facebook.com/vchristianto
Twitter: @Christianto2013
Phone: (62) 812-30663059
***Papers and books can be found at:
http://nulisbuku.com/books/view_book/9035/sangkakala-sudah-ditiup
http://www.unesco.chair.network.uevora.pt/media/kunena/attachments/731/ChristologyReloaded_Aug2016.pdf
http://fs.gallup.unm.edu/APS-Abstracts/APS-Abstracts-list.htm
http://independent.academia.edu/VChristianto
Http://researchgate.net/profile/Victor_Christianto/
Http://id.linkedin.com/pub/victor-christianto/b/115/167
http://www.amazon.com/Victor-Christianto/e/B00AZEDP4E
http://www.amazon.com/Jesus-Christ-Evangelism-Difficult-ebook/dp/B00AZDJCLA
Http://gospel.16mb.com
http://www.kenosis4mission.tk
http://www.twelvegates.tk

Smerconish

Smerconish

Shalom, selamat pagi saudaraku. Jika Anda sering menonton tayangan berita terkini di saluran televisi kabel CNN, mungkin Anda akan menyadari bahwa salah satu tokoh yang sedang menjadi trend adalah Smerconish. Dia adalah komentator yang kontroversial namun juga sering dikutip.
Beberapa hari lalu saya membaca berita di CNN dan lagi-lagi Smerconish dikutip dalam hubungan dengan tuduhan peretasan (hacking) oleh Rusia. Dia menyatakan telah mendapat bocoran dari Gen. Michael Hayden, mantan direktor CIA dan NSA, bahwa tuduhan peretasan data pilpres tersebut tidak akan dapat dibuktikan secara "hard-proof," karena memang hasil rekayasa belaka. Hayden prihatin akan kecenderungan partisan di tubuh badan intelijen tersebut:

Hayden: Putin hack intel 'brick short of a load' - CNN Video
"Fmr CIA and NSA chief Michael Hayden on why the Putin hack intel report can't contain proof, and why partisanship is unhealthy for the intelligence community.."(1)(2)

Dalam dunia intelijen, jika ada jenderal bintang tiga yang menyatakan keprihatinannya, mestinya itu cukup serius. Apalagi Hayden adalah jenderal bintang empat, pastilah itu sangat serius, jadi kita juga perlu tahu: apa kebenaran di balik itu?(3)

AADC
Tentu yang saya maksud di sini bukanlah membahas film Ada Apa dengan Cinta, namun Ada Apa dengan CIA?
Tampaknya memang ada bagian partisan di tubuh badan intelijen tersebut yang bekerja sama dengan tokoh-tokoh berpengaruh seperti Ford, Rockefeller dan Soros.(4) Soros tampaknya merencanakan untuk menimbulkan kekacauan global termasuk di Rusia maupun Cina, di mana dia dapat mengambil untung sebesar-besarnya.(5)(6)
Kendalanya, Putin tidak dapat didikte, dan bahkan Putin baru-baru ini mengusir grup bank yang berhubungan dengan Rothschild.(12)
Inilah mungkin yang menyebabkan Soros kesal lalu menyuruh Obama mengusir 25 diplomat Rusia dari Amerika, dengan alasan ikut mempengaruhi hasil pilpres november lalu.

Herbert Marcuse
Salah satu bagian partisan dalam tubuh CIA itu disebut Kiri Baru (New Left). Mereka inilah yang mempropagandakan kebebasan namun sambil mendestabilisasi negara-negara berkembang. Seluruh Eropa Timur telah mengalami distabilisasi dan contoh terkini adalah Makedonia.(7) Dilma Roussef juga dipaksa mundur mungkin karena terlalu tegas menghadapi NWO tersebut.
Kalau mau ditelusuri ke belakang, salah satu pelopor dan pemikir Kiri Baru itu bernama Herbert Marcuse yang juga perintis dari Mazhab Frankfurt.(11) Ia termasuk pelopor dalam pemikiran psikoanalisis sosial, dan pemikirannya banyak dipengaruhi oleh Marx. Teorinya dikenal sebagai Humanisme Mesianik.(9) Bahkan kabarnya pernah ada slogan tentang 3 tokoh kiri utama: Marx-Mao-Marcuse.
Dialah pemikir sosialis radikal, dan bapak dari semua gerakan counterculture. Salah satu bukunya adalah "Eros and Civilisation," di mana dia mengkritik Freud.(10)
Marcuse pernah terlibat dalam organisasi OSS yang merupakan cikal bakal CIA, dan dia juga mentor dari Angela Davis.(8)
Marx dan Freud memiliki dua kesamaan yang mencolok, yaitu keduanya keturunan Yahudi dan keduanya ateis. Dan itulah yang menjadi ciri pokok dari semua pemikir Mazhab Frankfurt: mereka semua mempropagandakan ateisme.
Bagi Anda yang masih belum percaya akan adanya hubungan erat antara psikologi, psikiatri, kontrol pikiran (mind control) dan dunia spionase, silakan lihat trilogi film Jason Bourne. Menurut hemat saya, serial Jason Bourne itu jauh lebih realistis dan masuk akal dibandingkan the Matrix atau Doctor Strange yang hanya mengumbar efek spesial namun hampa akan makna.

Konteks Indonesia
Sayang sekali, banyak pendeta dan hamba Tuhan di Indonesia yang nampaknya mengagumi pemikiran para tokoh Mazhab Frankfurt seperti Eric Fromm, Herbert Marcuse dan Jurgen Habermas, termasuk para dosen dan filsuf lulusan jurusan filsafat UI, UGM, atau Driyarkara. Mereka tidak sadar bahwa telah dicuci otak oleh ide-ide Neo-Marxian sambil mengecam idealisme para filsuf Yunani kuno seperti Plato dll.
Harap jangan keliru, saya tidak mengatakan bahwa psikologi, psikiatri dan filsafat itu tidak penting. Menurut hemat saya, ketiga ilmu ini ditambah dengan teori kreativitas seperti misalnya Edward de Bono sangatlah penting, karena menyangkut pikiran dan jiwa. Mengapa penting? Karena kebanyakan orang hanya menggunakan kurang dari 5% kapasitas pikiran, 5% kapasitas jiwa dan 5% kapasitas roh dari yang sesungguhnya disediakan Tuhan untuk setiap umat-Nya.
Namun satu hal yang perlu diingat adalah bahwa teori Freud digagas untuk masyarakat Barat yang serba rasional. Karena itu perlu dikembangkan psikologi dan psikiatri yang lebih cocok untuk masyarakat timur seperti Indonesia yang alam berpikirnya lebih condong ke spiritualitas. Mungkin pendekatan Jungian lebih cocok untuk konteks masyarakat Indonesia.* (13)(15)
Masalahnya, banyak psikolog yang memandang sebelah mata teori Jungian karena dianggap pseudo-sains. Di kalangan konselor dan psikolog Kristen juga sangat sedikit yang menekuni pendekatan Jungian. Mereka lebih suka mengadopsi teori-teori psikologi yang bercorak humanisme, misalnya Carl Rogers atau Abraham Maslow. Misalnya, salah satu tokoh psikologi kristen yaitu Dr. Yakub Susabda, dari buku-buku yang ditulisnya jelas bercorak Rogerian yang humanistik. Jika teori ini diterapkan dalam konteks kristen, maka muncul kesulitan untuk menjelaskan kepada klien tentang konsep dosa, neraka dst.
Memang ada upaya ke arah psikologi integratif dengan tujuan menggabungkan teologi Kristen dan psikologi sekuler, namun sejauh yang saya dengar belum ada yang berhasil. (14)(16)
Bahkan, kalau mau lebih tegas, mungkin perlu dikembangkan teori psikologi pasca-kolonial, psikiatri pasca-kolonial, dan filsafat pasca-kolonial. Artinya membongkar konsep-konsep yang tidak berakar dalam budaya Indonesia. Ada beberapa upaya rintisan ke arah pendekatan kultural terhadap psikologi, misalnya yang dilakukan oleh Holdstock dalam konteks Afrika (17).
Namun, saya bukan ahli psikologi. Barangkali memang sudah ada teori-teori psikologi modern untuk kontekstualisasi ilmu psikologi di negeri ini.

Penutup
Kiranya artikel singkat ini membantu para pengambil kebijakan di negeri ini agar mengantisipasi upaya mendestabilisasi negara-negara berkembang oleh Soros dan CIA terutama kelompok partisan Kiri Baru. Lihatlah situs ISGP (Institute for the study of globalization and covert politics).

Pesan: Kepada President-elect Donald Trump, semoga Anda dapat memulihkan CIA dan badan-badan intelijen lainnya dari kelompok-kelompok partisan, terutama kelompok Kiri Baru yang berniat menebar kekacauan di seluruh dunia.

Versi 1.0: 11 januari 2017, pk. 12:17, versi 1.1: 11 januari 2017, pk. 20:25
VC

*Note: terimakasih kepada semua sahabat dan saudaraku yang berprofesi psikolog atau psikiater.

Referensi:
(1) https://mobile.twitter.com/smerconish/status/817783762977230848
(2) http://edition.cnn.com/2017/01/07/politics/michael-hayden-russian-intel-report-cnntv/index.html
(3) http://abcnews.go.com/ThisWeek/week-transcript-cia-director-michael-hayden/story?id=27561164
(4) Institute for the study of globalization and covert politics. Url: https://isgp-studies.com/media-liberal-evidence-of-CIA-superclass-backing-false-opposition
(5) http://www.larouchepub.com/eiw/public/1997/eirv24n03-19970110/eirv24n03-19970110_024-1_crimes_of_george_soros.pdf
(6) http://yournewswire.com/hacked-memo-reveals-george-soros-planned-to-overthrow-putin/
(7) http://balkanblog.org/2015/07/24/george-soros-cia-freedom-house-ned-nato-and-the-western-color-revolution-in-macedonia/
(8) http://www.larouchepub.com/eiw/public/1974/eirv01n17-19740826/eirv01n17-19740826_030-angela_davis_the_offer_the_cpusa.pdf
(9) http://www.marcuse.org/herbert/booksabout/70s/Julka1979MarcusesMessianicHumanism.pdf
(10) http://www.wseas.us/e-library/conferences/2013/Brasov/EPLS/EPLS-40.pdf
(11) http://sabdaspace.org/soros
(12) http://csglobe.com/putin-banned-rothschild-banking-cartel-russia/
(13) Denise Gimenez Ramos. The psyche of the body: A Jungian approach to psychosomatics. Hove: Brunner-Routledge, 2004.
(14) Kelly Bulkeley (ed.). Soul, Psyche, Brain: New Directions in the study of religion and brain-mind science. New York: Palgrave-Macmillan, 2005.
(15) Carl Gustav Jung. Psychology and Religion. New Haven: Yale University Press, 1938.
(16) Leon Turner. Theology, Psychology and the Plural self. Surrey: Ashgate Publ. Ltd., 2008.
(17) T. Len Holdstock. Re-examining psychology: Critical perspectives and African insights. London: Routledge, 2000.


Victor Christianto
*Founder and Technical Director, www.ketindo.com
E-learning and consulting services in renewable energy
**Founder of Second Coming Institute, www.sci4God.com
Http://www.facebook.com/vchristianto
Twitter: @Christianto2013
Phone: (62) 812-30663059
***Papers and books can be found at:
http://nulisbuku.com/books/view_book/9035/sangkakala-sudah-ditiup
http://www.unesco.chair.network.uevora.pt/media/kunena/attachments/731/ChristologyReloaded_Aug2016.pdf
http://fs.gallup.unm.edu/APS-Abstracts/APS-Abstracts-list.htm
http://independent.academia.edu/VChristianto
Http://researchgate.net/profile/Victor_Christianto/
Http://id.linkedin.com/pub/victor-christianto/b/115/167
http://www.amazon.com/Victor-Christianto/e/B00AZEDP4E
http://www.amazon.com/Jesus-Christ-Evangelism-Difficult-ebook/dp/B00AZDJCLA
Http://gospel.16mb.com
http://www.kenosis4mission.tk
http://www.twelvegates.tk

Soros

Soros

Shalom, selamat pagi saudaraku. Dalam artikel kali ini, saya akan lebih banyak mengajukan pertanyaan ketimbang jawaban, dengan harapan kita akan belajar lebih kritis dalam membaca peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi.

Allegiance
Salah satu dokumen yang paling dikenal oleh bangsa Amerika adalah yang disebut sebagai sumpah setia (Pledge of Allegiance), di antaranya berbunyi: "one nation under God...justice for all."(1) Maksudnya adalah bahwa seluruh penduduk Amerika bersumpah setia kepada Tuhan, dan berupaya untuk mewujudkan keadilan bagi semua. Tentu ini ideal yang sangat baik dan pantas untuk diperjuangkan.
Namun, agaknya idealisme itu mulai dipertentangkan dengan idealisme yang bertolak dari materialisme, seperti misalnya Lebensraum dari George Soros.(2)(3) Nanti kita akan bahas tentang dia lebih lanjut.
Selain itu, ada kabar juga dari beberapa teman tentang kebangkitan gerakan gereja ateis, yang disebut Sunday Assembly. (4) Kabarnya gerakan ini mulai populer di beberapa negara bagian, dengan ciri-ciri ibadah yang berisi motivasi dan bukan firman Tuhan.
Satu hal lagi yang mesti dikaji dengan cermat adalah tentang pengaruh Mazhab Frankfurt dari Jerman. Gerakan yang dipelopori oleh kaum Yahudi Marxis ini agaknya jauh lebih berbahaya dari yang kita ketahui di permukaan.(5)(6)

Filantropis?
Di permukaan, Soros dikenal sebagai bilyuner dan tokoh filantropis kelas dunia, yang mendorong demokrasi di negara-negara berkembang termasuk Eropa Timur bekas Uni Sovyet.
Namun siapakah dia sebenarnya? Dia adalah seorang anak Yahudi yang dibesarkan di Hungaria. Ketika dia beranjak dewasa, dia hidup dengan cara mengkhianati saudara-saudara Yahudinya saat Nazi masuk ke negaranya. Dia bahkan ikut menyita dan merampok rumah-rumah orang Yahudi. (2)
Selanjutnya dia belajar di London School of Economics dan sangat mengagumi Karl Popper, yang waktu itu telah menjadi filsuf terkenal. Lalu ia pindah ke Amerika dan meniti karir sebagai pialang dan spekulan hingga memperoleh reputasi sebagai orang yang menghancurkan Bank of England pada tahun 1992. (2)
Di Asia dia dianggap sebagai spekulan yang ikut bermain dalam merontokkan mata uang negara-negara Asia Tenggara sekitar tahun 1997.
Perannya sebagai filantropis diduga menjadi semacam etalase untuk menyembunyikan misi sebenarnya yaitu mempromosikan masyarakat terbuka menurut versinya sendiri, yaitu terbuka untuk dijajah dan dikendalikan oleh orang-orang seperti dia.
Yang menarik adalah, rupanya akhir-akhir ini ia membentuk Democracy Alliance, dan ikut menentukan kebijakan Amerika. Bahkan ada memo yang membocorkan sumbangan sebesar $650,000 kepada Black Lives Matter dengan tujuan membuat kerusuhan sosial di Baltimore, Ferguson dan bahkan juga pasca pilpres 8 November 2016.(13)(14)(16)
Sebagaimana kita baca di koran-koran, kerusuhan sosial di kota-kota tersebut marak sekitar 2016 dan dipicu oleh penembakan beberapa warga negro oleh polisi. Namun rupanya ada semacam skenario yang direncanakan secara cermat untuk melakukan penembakan-penembakan tersebut.
Kerusuhan sosial tersebut agaknya memiliki agenda besar untuk mempromosikan polisi federal.(13)(15)

Mazhab Frankfurt
Mazhab ini awalnya disebut Institut Riset Sosial berbasis di Jerman. Lembaga ini dipelopori oleh Georg Lukacs, dan dibentuk oleh para Yahudi Marxis dengan membawa faham Neo-Marxisme.
Penulis juga sempat terkecoh dengan gerakan Mazhab Frankfurt ini. Sekitar tahun 2015, saya menulis sebuah paper ilmiah yang mengkaji tentang bagaimana menerapkan teori kritik dari Jurgen Habermas dalam konteks Injil. Meski di paper itu saya tidak begitu setuju dengan Habermas yang adalah tokoh terkemuka dari Mazhab Frankfurt, namun toh saya membahasnya juga.
Paper itu lalu saya kirim ke jurnal Indonesian Theology, namun syukurlah editor menolak paper ini karena suatu alasan. Setelah itu saya menemukan artikel yang menulis tentang rencana satanik di balik Mazhab Frankfurt.(5)(6)
Saya sangat bersyukur bahwa paper itu ditolak, sebab jika jadi dimuat, itu akan menjadi blunder terbesar dalam hidup saya.

Beberapa pertanyaan
Ada beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan artikel saya terdahulu berjudul Pembusukan.(7) Dalam artikel itu saya menulis tentang rencana besar untuk menghancurkan nilai-nilai Alkitabiah secara mendasar melalui metode kritis dll.
Beberapa pertanyaan:
1. Betulkah mazhab Frankfurt berhubungan dengan Tavistock Institute of Human Relation?(9)
2. Benarkah mazhab Frankfurt bertujuan menghancurkan sendi-sendi kehidupan termasuk nilai-nilai pernikahan, pentingnya keluarga dll?
3. Apakah memang ada rencana mazhab Frankfurt untuk menciptakan keruntuhan masyarakat secara terencana?
4. Apakah ada hubungan antara Tavistock Institute dan gerakan gereja ateis?
5. Apakah mazhab Frankfurt memiliki agenda tersembunyi untuk menjadikan Amerika sebagai negara ateis?(8)
6. Apakah Soros memang berperan dalam memicu penembakan oleh polisi dengan tujuan menciptakan keresahan dan kerusuhan sosial?(17)
7. Apakah peran Obama dalam konteks agenda tersembunyi Soros?(12)
8. Apakah Soros berperan dalam mendanai protes dan kerusuhan di berbagai negara termasuk di Asia?(11)(17)

Penutup
Demikian artikel singkat ini kiranya membantu menguak rencana terselubung Soros dalam mendorong munculnya pemerintahan dunia melalui berbagai kerusuhan yang dirancang secara sistematis.
Kiranya artikel ini dapat membantu para pengambil kebijakan agar lebih antisipatif terhadap rencana-rencana Soros dan Open Society-nya.

Versi 1.0: 10 januari 2017, pk. 2:17
VC

Referensi:
(1) https://en.m.wikipedia.org/wiki/Pledge_of_Allegiance
(2) http://journal-neo.org/2016/04/11/soros-open-society-new-world-lebensraum-idealism-underway/
(3) https://en.m.wikipedia.org/wiki/Lebensraum
(4) https://www.sundayassembly.com/
(5) http://www.thetruthseeker.co.uk/?p=64800
(6) https://www.henrymakow.com/frankfurt-school-satanic-judaism-in-action.html
(7) http://sabdaspace.org/pembusukan
(8) https://atrueott.wordpress.com/2013/02/04/agenda-the-grinding-down-of-america-what-about-the-frankfurt-school/
(9) http://www.larouchepub.com/eiw/public/1993/eirv20n07-19930212/eirv20n07-19930212_028-controllers_at_tavistock_and_the.pdf
(10) https://theheartlander.wordpress.com/2015/06/26/the-frankfurt-school-social-collapse-by-design/
(11) http://www.aim.org/special-report/the-hidden-soros-agenda-drugs-money-the-media-and-political-power/
(12) https://www.amazon.com/Frontman-Obamas-Darkest-Secrets-Revealed/dp/098234483X
(13) http://thefreethoughtproject.com/soros-memo-blm-federalized-police/
(14) http://www.thegatewaypundit.com/2016/08/leaked-george-soros-memo-650000-black-lives-matter-terrorist-group/
(15) Open Society US Programs Board Meeting. Url: http://soros.dcleaks.com/fview/USA/oct-2015-usp-board-book.pdf
(16) http://canadafreepress.com/article/soros-fingerprints-all-over-notmypresident-protests
(17) http://www.shieldspirit.com/2015/01/george-soros-funding-protesters.html
(18) Greg Laurie. Are these the last days? USA: Regal Books, 2005.


Victor Christianto
*Founder and Technical Director, www.ketindo.com
E-learning and consulting services in renewable energy
**Founder of Second Coming Institute, www.sci4God.com
Http://www.facebook.com/vchristianto
Twitter: @Christianto2013
Phone: (62) 812-30663059
***Papers and books can be found at:
http://nulisbuku.com/books/view_book/9035/sangkakala-sudah-ditiup
http://www.unesco.chair.network.uevora.pt/media/kunena/attachments/731/ChristologyReloaded_Aug2016.pdf
http://fs.gallup.unm.edu/APS-Abstracts/APS-Abstracts-list.htm
http://independent.academia.edu/VChristianto
Http://researchgate.net/profile/Victor_Christianto/
Http://id.linkedin.com/pub/victor-christianto/b/115/167
http://www.amazon.com/Victor-Christianto/e/B00AZEDP4E
http://www.amazon.com/Jesus-Christ-Evangelism-Difficult-ebook/dp/B00AZDJCLA
Http://gospel.16mb.com
http://www.kenosis4mission.tk
http://www.twelvegates.tk

Berlaku adil di tahun baru

Berlaku adil di tahun baru

Bacaan I: I Raj. 3:16-27
Bacaan II: Yoh. 8:3:11
Kotbah tutup tahun 2016

Shalom, saudara-saudara yang kekasih. Dalam menyongsong tahun yang baru, biasanya orang mulai merenung apa saja yang telah dilakukan dan dicapai pada tahun ini, sambil membuat resolusi atau tekad untuk tahun depan. Salah satu hal penting yang patut direnungkan adalah: apakah kita telah bertindak adil dengan semua orang yang ditempatkan Tuhan di sekitar kita?
Pernahkah Anda mengamati plot cerita suatu film laga? Hampir selalu ditampilkan bahwa orang-orang baik selalu menang pada akhirnya, dan orang-orang jahat mendapatkan ganjaran yang setimpal. Yang disebut "ganjaran yang setimpal" itu biasanya adalah hal-hal yang buruk atau hukuman. Itulah yang disebut dengan keadilan retributif, dan konsep ini telah mengakar begitu mendalam pada budaya Barat. Inilah yang mendasari seluruh tatanan peradilan.(6)
Konsep keadilan retributif berkaitan erat dengan hukuman. Memberikan ganjaran yang adil berarti menghukum setimpal dengan perbuatan buruk seseorang. Lalu datanglah Injil yang memperkenalkan konsep belaskasihan (mercy). Pertanyaan untuk direnungkan: apakah menjadi orang Kristen berarti mesti bersikap pasif dan permisif terhadap dosa? Apakah keadilan retributif bertentangan dengan belaskasihan?

Asal usul keadilan
Saudaraku, apakah keadilan itu? Keadilan tampaknya merupakan konsep yang abstrak namun sekaligus nyata. Keadilan atau "justice" juga dikenal dalam masyarakat kuno sebagai "tsedhaqah" atau "tsedeq" (Ibr.) dan "dikaiosune" (Yun.). Umat kristiani melihat keadilan sebagai salah satu perwujudan dari hikmat dan kebijaksanaan Allah.
Dalam teks sore ini kita membaca 2 contoh luar biasa dari penerapan keadilan oleh Raja Salomo dan Yesus.
Namun sebelum kita membahas 2 cerita ini, ada baiknya kita melihat tipe-tipe keadilan. Sejauh yang bisa saya temukan, setidaknya ada 7 tipe keadilan:

Tipe keadilan
a. Distributif: pembagian yang adil menurut hak. Kata kuncinya adalah kesetaraan atau equality.
b. Prosedural: menekankan proses yang adil (fair process) dalam proses distribusi, meskipun hasilnya belum tentu memuaskan semua pihak.
c. Restoratif: artinya mengembalikan keadaan seperti sebelumnya. Langkah paling sederhana adalah permohonan maaf, namun juga bisa disertai pembayaran ekstra (ganti rugi).
d. Retributif: adalah teori yang mengatakan bahwa respon terbaik terhadap suatu tindakan kriminal adalah dengan memberikan hukuman yang setimpal. Keadilan retributif merupakan landasan dari prinsip hukuman pidana, meski seberapa adil suatu putusan hukuman selalu dapat diperdebatkan.
e. Reparatif: mengakui adanya kerusakan yang dialami oleh para korban pelanggaran hak asasi manusia secara sistematis.
f. Transisional: adalah upaya-upaya judisial dan non-judisial untuk memulihkan kerusakan akibat pelanggaran hak asasi manusia secara masif.
g. Penebusan: keadilan tidak selalu berarti penghakiman dan penghukuman bagi yang bersalah, namun ada tawaran untuk memperbaiki kesalahan. Itulah makna dari keadilan redemtif atau penebusan. Dan inilah inti dari Kabar Baik yang dibawa oleh Yesus Kristus.

Uraian
Kini saatnya kita mengulas tentang pesan dari 2 cerita tadi dalam konteks tipe keadilan seperti diuraikan di atas.
Dalam teks pertama dikisahkan tentang Salomo yang memberikan putusan yang mengejutkan namun ternyata efektif untuk menyingkapkan siapa ibu sebenarnya. Tentang hal ini dapat dikatakan bahwa putusan Salomo itu adalah keadilan distributif, artinya memberikan yang baik kepada yang berhak.
Lalu dalam teks yang lain dikisahkan tentang Yesus yang dipaksa mengambil sikap terhadap perempuan yang kedapatan berzinah.
Tampaknya Yesus agak enggan menggunakan kerangka berpikir legalistik-kaku-formal yang khas Yudaisme untuk menjatuhkan keadilan retributif, yang dalam kasus ini bisa berarti hukuman lempar batu. Dalam kisah ini Yesus ternyata mengambil putusan yang bernuansa keadilan restoratif, artinya membawa pertobatan tidak hanya kepada perempuan tersebut, namun juga sikap mawas diri kepada para tua-tua dan pemula agama.
Apakah sikap Yesus ini dapat diartikan sebagai sikap permisif dan membiarkan pelanggaran? Saya kira tidak, karena Yesus juga membawa pengampunan, karena Ia sendiri adalah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia.(Yoh. 1:36)
Jadi sekaligus dalam teks ini ada pesan tentang keadilan redemtif yang ditawarkan Yesus. Kita semua berada dalam posisi tertuduh seperti perempuan tadi, dan Iblislah yang senantiasa menuduh manusia di hadapan Allah.
Namun Yesus sekaligus adalah "propitiation" alias korban tebusan yang dikaruniakan Allah agar manusia terbebas dari maut sebagai hukuman dosa.

Propitiation
Kata ini bisa berarti dua hal: a. Mengambil hati, b. Perdamaian.
Paulus mengajarkan bahwa darah Kristus adalah perdamaian (propitiation) terhadap keadilan Allah (Rom. 3:21-26). Dengan itu maka setiap orang yang percaya kepada Kristus akan memperoleh penebusan dosa.
Banyak orang yang berusaha menyangkal ajaran ini. Mereka mengatakan bahwa teori pendamaian dan penebusan oleh kematian Kristus itu adalah karangan Paulus belaka. Namun, kalau kita mau membaca Alkitab dengan lebih cermat, hal ini juga disebut dalam Injil:

Matius 26:28
Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Bahkan nubuat tentang Mesias juga erat berhubungan dengan pengampunan dosa oleh-Nya:

Yesaya 53:4
Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

Dari dua ayat ini kiranya menjadi jelas bahwa tidaklah benar tuduhan sementara orang bahwa ajaran tentang penebusan dosa itu adalah karangan Paulus belaka. Sesungguhnya, gagasan tentang keadilan redemtif merupakan pesan utama dalam Kabar Baik maupun nubuat para nabi.
Kita mesti berlaku bijaksana bahwa tipe keadilan redemtif belum tentu cocok untuk diterapkan dalam situasi tindak kejahatan kriminal. Dan demikian pula keadilan retributif mungkin perlu dilengkapi dengan keadilan restoratif, sehingga hukuman yang adil tidak selalu berarti bagaimana memberikan ganjaran yang setimpal, namun bagaimana memulihkan baik pelaku kejahatan maupun penderita agar dapat melanjutkan hidup sesuai dengan martabatnya. Tentu hal ini memerlukan kajian tersendiri yang lebih spesifik.

Ilustrasi
Supaya lebih jelas, saya akan berikan dua kisah sebagai ilustrasi:
a. Tidak mudah menghukum dengan adil, terutama kepada orang Kristen. Ada kisah tentang seorang lelaki yang disidangkan karena mencuri di toko. Lelaki itu berkata kepada hakim, "Yang mulia, aku seorang kristen. Aku menjadi manusia baru. Aku telah dilahirkan kembali. Tapi sifat lamaku belum hilang. Kejahatan itu tidak dilakukan oleh diriku yang baru tetapi diriku yang lama." Lalu apa jawab sang hakim? Hakim menjawab: "Karena itu adalah dirimu yang lama, maka kami menghukumnya 60 hari di penjara. Dan karena dirimu yang baru juga melakukan pencurian, kami akan menghukumnya 30 hari. Jadi, kalian berdua mendapat masa tahanan 90 hari."
b. Kadang-kadang ada orang yang begitu pelit kepada keluarganya sendiri.
Ada kisah tentang istri seorang lelaki pelit yang sedang menderita sakit. Dokter menasihatinya untuk menghirup udara laut. Itu adalah satu-satunya cara untuk menyembuhkan penyakitnya. Pada hari berikutnya dokter tersebut pergi untuk memeriksa kondisi wanita itu. Dia amat terkejut ketika melihat sang suami pelit itu sedang menghembus-hembuskan seekor ikan ke hidung istrinya.
Apakah Anda juga kerap berlaku pelit dalam memberikan waktu atau perhatian kepada keluarga Anda?

Penutup
Mari kita belajar dari 2 teks ini tentang bagaimana memberikan keadilan kepada sesama kita. Terlebih lagi mari kita memohon hikmat dari Allah untuk menerapkan dengan bijaksana tipe keadilan yang tepat untuk situasi yang kita hadapi dalam kehidupan ini.
Beberapa hal untuk direnungkan dalam menutup tahun 2016 ini:
- Sudahkah kita berlaku adil kepada pasangan dan anak-anak?
- Sudahkah kita berlaku adil kepada para pegawai dan pembantu di rumah?
- Sudahkah kita berlaku adil kepada rekan sekerja dan partner bisnis?
Mari kita memasuki tahun yang baru esok dengan semangat untuk membawa keadilan bagi semua orang yang kita jumpai. Amin.

Versi 1.0: 28 desember 2016, pk. 0:16, versi 1.1: 29 desember 2016, pk. 19:18
VC

Referensi:
(1) http://changingminds.org/explanations/trust/four_justice.htm
(2) http://survivors-fund.org.uk/news/uncategorized/reparative-justice/
(3) https://en.m.wikipedia.org/wiki/Restorative_justice
(4) https://www.ictj.org/our-work/transitional-justice-issues/reparations
(5) https://en.m.wikipedia.org/wiki/Transitional_justice
(6) https://www.redletterchristians.org/a-better-story-how-our-understanding-of-justice-is-radically-re-defined-by-the-gospel/
(7) https://tritonelife.com/2011/04/26/gods-redemptive-justice/


Victor Christianto
*Founder and Technical Director, www.ketindo.com
E-learning and consulting services in renewable energy
**Founder of Second Coming Institute, www.sci4God.com
Http://www.facebook.com/vchristianto
Twitter: @Christianto2013
Phone: (62) 812-30663059
***Papers and books can be found at:
http://nulisbuku.com/books/view_book/9035/sangkakala-sudah-ditiup
http://www.unesco.chair.network.uevora.pt/media/kunena/attachments/731/ChristologyReloaded_Aug2016.pdf
http://fs.gallup.unm.edu/APS-Abstracts/APS-Abstracts-list.htm
http://independent.academia.edu/VChristianto
Http://researchgate.net/profile/Victor_Christianto/
Http://id.linkedin.com/pub/victor-christianto/b/115/167
http://www.amazon.com/Victor-Christianto/e/B00AZEDP4E
http://www.amazon.com/Jesus-Christ-Evangelism-Difficult-ebook/dp/B00AZDJCLA
Http://gospel.16mb.com
http://www.kenosis4mission.tk
http://www.twelvegates.tk

Merovingian

Merovingian

Teks: Yohanes 10:10
"Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan."

Shalom, selamat pagi saudaraku. Biasanya ramalan di surat kabar dan televisi mengatakan bahwa tahun mendatang berisi peluang, tantangan, kesempatan dan ancaman. Kita juga mungkin menulis kepada sahabat-sahabat kita: best wishes for you in the new year (Harapan terbaik buatmu di tahun yang baru.) Saya juga ingin mengucapkan hal yang sama kepada Anda semua, namun sayangnya apa yang akan saya tulis berikut ini bukan berisi hal-hal yang menyenangkan.
Dan sekalipun artikel ini ditulis dari perspektif kristiani, namun semoga dapat diikuti juga oleh para pembaca dengan latarbelakang iman yang berbeda. Bagi pembaca yang berlatarbelakang pendidikan teologi, mohon maaf jika dalam artikel ini saya menerapkan hermeneutik detektif a la Sherlock Holmes.

Pendahuluan
Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang naga (19). Beberapa hari yang lalu saya bertemu seorang ibu yang juga sahabat saya, dan ketika saya menceritakan kesimpulan artikel bahwa taipan Li Ka Sheng kemungkinan termasuk anggota dari Illuminati, beliau menyela : "Lho, saya juga termasuk marga Li..."
Lalu saya menjawab bahwa mungkin ada di antara kita yang memiliki garis keturunan Illuminati, Bilderberg, Trilateral dll, namun Anda tetap punya pilihan: apakah mendewakan garis keturunan tersebut, atau merendahkan diri di hadapan kaki Yesus Kristus? Sebab Ia menawarkan pertobatan dan penebusan kepada semua manusia, termasuk keturunan ular beludak sekalipun. Itulah makna sebenarnya dari Kabar Baik.
Di awal tulisan ini saya juga mesti menyatakan dua hal:
a. saya juga tidak tahu siapa ancestor (nenek moyang) saya. Meskipun ada aplikasi bernama ancestry.com, namun saya belum lacak tentang hal ini. Mungkin karena saya tidak terlalu ambil pusing tentang silsilah. Yang penting, Yesus telah menjadi Juruselamat saya, sehingga secara rohani saya telah diangkat menjadi anak Allah. Selebihnya tidak begitu penting.
b. perlu waktu sekitar 2 minggu bagi saya untuk menulis artikel ini, namun itu bukan karena sulit mengumpulkan bahan. Namun saya berusaha berhati-hati untuk menyampaikan kesimpulan saya, dan alasan lain adalah karena semakin membaca sumber-sumber di bawah ini, perut saya sering mual. Entah mungkin saya tidak tahan mendengar kekejaman dan rencana busuk dinasti Merovingian ini.
Bagi para pembaca yang merasa dirinya keturunan Merovingian, pesan yang bisa saya sampaikan adalah: segeralah bertobat jika engkau belum berada di jalan-Nya..

Dinasti Merovingian
Kata merovingian saya dengar pertama kali waktu menyaksikan film Trilogi The Matrix sekitar tahun 2000an, namun itu hanya disebut sepintas lalu. Namun nama itu menjadi salah satu tema sentral dalam novel Da Vinci Code karya Dan Brown. Dalam novel tersebut disebutkan bahwa banyak raja-raja Perancis (dan Eropa) yang berasal dari Dinasti Merovingian. Dan Brown berusaha menunjukkan bahwa Dinasti Merovingian itu bagian dari Sangreaal (the Royal Blood), yang lalu ditafsirkannya sebagai rahim dari Maria Magdalena. Dengan kata lain, hipotesis utama Dan Brown adalah bahwa Dinasti Merovingian merupakan keturunan langsung dari Yesus Kristus dan Maria Magdalena. Pertanyaan yang mesti kita ajukan: benarkah hipotesis Dan Brown tersebut?

Mari kita lihat teks yang cukup terkenal ini:
1 Lalu aku melihat seekor binatang keluar dari dalam laut, bertanduk sepuluh dan berkepala tujuh; di atas tanduk-tanduknya terdapat sepuluh mahkota dan pada kepalanya tertulis nama-nama hujat.
2 Binatang yang kulihat itu serupa dengan macan tutul, dan kakinya seperti kaki beruang dan mulutnya seperti mulut singa. Dan naga itu memberikan kepadanya kekuatannya, dan takhtanya dan kekuasaannya yang besar. (Wahyu 13:1-2)

Setidaknya ada 4 sumber yang bisa kita rujuk untuk memperoleh informasi:
a. Illuminati: ada legenda kuno dalam keluarga Illuminati, bahwa Anti-Kristus akan muncul dari keluarga Illuminati yang ke-13. Dan siapakah keluarga Illuminati yang ke–13 itu? Tidak lain adalah Merovingian. Dan dua di antara Merovingian ini adalah Hitler dan George Soros.(14)
b. Kitab Wahyu. Dalam teks yang dikutip di atas, dinubuatkan bahwa ada binatang yang muncul dari dalam laut, dan binatang itu menerima kekuatan dan tahta dari naga itu sendiri. Menarik untuk dicatat bahwa ayat ini muncul dalam Wahyu 13, kita bisa bertanya: adakah hubungannya dengan Legenda Illuminati ke-13? Menurut legenda, istilah Merovingian berasal dari "Merovee" yang adalah raja dari kaum Franks (447-458M), dan dia memiliki dua ayah yaitu Raja Clodion dan binatang misterius dari dalam laut. Hal ini dikuatkan oleh sejarawan Priscus, yang menulis bahwa Merovee berasal dari binatang laut yang disebut "Bistea Neptunis." (14)(15) (Kita bisa bertanya lagi: adakah hubungan antara Bistea Neptunis dengan legenda tentang Neptunus yang kerap disebut dewa laut, atau tentang mahluk Leviatan dalam Alkitab, atau bahkan monster di danau Lochness?)
c. Dugaan lain merujuk pada akar kata Meroveus: "Meroveus" derives from the French words "mer" meaning "sea" and "vere" meaning "werewolf" or "dragon." (15) Sehingga secara literal, makna Meroveus adalah naga laut. Bukankah ayat Wahyu 13:1-2 dapat diartikan sebagai petunjuk bahwa binatang yang muncul dari laut itu berasal dari naga (Setan) itu sendiri?
d. Ada sumber lain yang menyatakan bahwa Dinasti Merovingian itu merupakan keturunan dari Tuadhe d'Anu, alias suku Anu, yang diduga adalah keturunan langsung dewa langit Anunaki. (Tuatha de Dannan juga berarti Dragon Lords of Anu). Anunaki ini lalu dihubungkan dengan Nefilim yang disebut dalam Kejadian 6. Yang menarik, dalam bahasa Ibrani, nephiyl berarti "fallen ones", artinya merujuk pada malaikat-malaikat yang jatuh dari langit. Itulah balatentara Setan.(15)
Kesimpulan sementara: asal-usul Merovingian mungkin adalah keturunan dari Bistea Neptunis atau bahkan Nefilim/Anunaki, dan mereka adalah bagian dari Illuminati ke-13 yang diduga akan memunculkan anti-Kristus. Dari dinasti inilah muncul istilah Royal Dragon Court. Juga perlu dicatat bahwa "Dracul" adalah dragon dalam bahasa Romania.
Dengan kata lain, virus Bistea Neptunis atau binatang dari laut ini tampaknya telah menyebar ke seluruh Eropa, dan mungkin juga termasuk Amerika dan Asia.

Soros dan Neo-Merkantilisme
Seorang profesor matematika dari Kanada menulis di sebuah grup bahwa Barat bertanggungjawab atas berbagai tindakan kolonisasi di seluruh dunia selama 500 tahun terakhir. Menurut saya, pernyataan itu hanya sebagian benar.
Lebih tepat untuk mengatakan bahwa raja-raja Eropa yang merupakan keturunan Merovingian memang berambisi untuk menguasai seluruh dunia sampai sekitar abad ke-19. Lalu dinasti Merovingian ini menguasai Amerika, dan jadilah hegemoni Amerika di banyak kawasan di dunia sejak abad ke-20.
Namun sejak 2000an, banyak ahli yang menyatakan bahwa peran Amerika sebagai polisi dunia makin surut, digantikan oleh RRC. Termasuk kelompok Trilateral seperti Rockefeller juga mendorong RRC untuk mengambilalih peran AS. Bahkan Soros terang-terangan mendorong RRC untuk memimpin New World Order.(13)
Dan tampaknya Xi Jinping dalam beberapa tahun terakhir ini mengadopsi rencana Rockefeller tersebut. (1) Di antaranya dengan membuat berbagai inisiatif tandingan berupa institusi-institusi paralel dari yang dibentuk AS-Inggris pasca PD II, seperti Silk Road, alternatif currency, hingga bank infrastruktur sebagai tandingan dari IMF/World Bank. Itulah kesimpulan dari laporan Mercator Institute/Merics.(21)
Kerjasama dan investasi yang dilakukan oleh RRC ke berbagai negara Afrika juga mengundang kecaman, karena seringkali investasi itu lebih menguntungkan RRC dibandingkan negara-negara Afrika. Misalnya mereka berinvestasi namun pekerjanya kebanyakan berasal dari RRC dst. Sehingga muncul dugaan bahwa RRC sebenarnya lebih menjalankan kebijakan "merkantilisme." (2)(3)(4) Atau mungkin lebih tepat dijuluki neo-merkantilisme?
Lalu bagaimana dengan Indonesia? Tampaknya belum banyak kajian yang dilakukan tentang dampak investasi yang masuk dari RRC. Yang jelas, 6 proyek infrastruktur besar akan didanai oleh bank infrastruktur bentukan RRC. (5)(6) Banyak BUMN yang seakan berlomba untuk berhutang ke RRC. Tahun lalu ada berita CNN bahwa 3 bank BUMN berutang 43.28 trilyun rupiah ke Bank China.(20)
Pemerintah khususnya Menkeu perlu memonitor semua utang luar negeri, baik oleh swasta maupun BUMN, baik yang berupa proyek infrastruktur maupun investasi jangka panjang. Ingatlah satu hal ini: "The name of the game is bail-out."

NWO
Yang saya risaukan adalah adanya indikasi yang menunjukkan bahwa Soros dan Democracy Alliance pasca kekalahan Hillary sedang berupaya mempercepat proses RRC menjadi pemimpin NWO.(7)(8) Dengan kata lain, virus Bistea Neptunis ini akan pindah atau menclok ke RRC, dengan alasan untuk mengimbangi hegemoni AS. Mungkin mereka akan menggunakan dalih atas nama 133 negara anggota PBB atau mungkin BRICS, namun di balik itu mereka mungkin berusaha agar semua lembaga-lembaga penting di PBB akan dipimpin oleh RRC.
Yang sangat merisaukan adalah bahwa RRC ini masih belum demokratis seutuhnya menurut pandangan awam dan tampaknya masih menampilkan beberapa ciri yang dipahami masyarakat umum seperti komunisme, dan juga tampaknya masih melegalkan "organ harvesting."(9)(10)
Ditambah lagi kabar tentang Facebook akan bekerjasama dengan Snopes/Poynter untuk memfilter berita-berita hoax. Yang jadi pertanyaan adalah benarkah upaya factchecking itu didominasi oleh kelompok kiri (far left)?(34) Sehingga memungkinkan mereka mendominasi media online dengan berbagai propaganda pro-kiri. Diduga bahwa kelompok ini akan juga gencar mempromosikan GMF/GMO (genetically modified food).(11)(12)
Dari apa yang saya amati, kesimpulan sementara saya:
a. pasca WWII, para pejabat ex-Nazi pergi ke AS untuk mempengaruhi pemerintahan. Virus Illuminati/Merovingian itu pindah ke AS.
b. Namun Rockefeller termasuk Soros sudah membaca bahwa hegemoni AS sudah usai, maka mereka mempromosikan RRC untuk memimpin NWO.
c. 133 negara sudah sepakat untuk melawan NWO versi AS, namun tampaknya secara tidak sengaja mereka akan melantik RRC sebagai pemimpin baru, semacam penyelamat dunia. Dan persis itulah yang sedang direncanakan oleh Rockefeller-Soros.
d. BRICS dijadikan sebagai skema alternatif untuk melawan hegemoni AS-Europe.
e. persoalannya, BRICS tidak lebih baik dibandingkan AS-Europe.
f. Siapapun pemenangnya akan menguasai PBB, dan NWO tetap akan dijalankan. Dan skema Soros/Rockefeller/Merovingian tetap berhasil. Dialektika atau polarisasi dunia, kapitalisme versus komunisme itu hanya rekaan kaum banker yang dipimpin dinasti Merovingian ini. Coba lihatlah misalnya film "the International" yang dibintangi Clive Owen.
g. Jika Xi Jinping dan RRC menjadi pemimpin NWO maka dikhawatirkan bisa jadi dunia akan jatuh dalam totalitarianisme mirip kisah 1984 dari Orwell.
h. Ada kemungkinan Trump akan dijatuhkan oleh Soros/Democracy Alliance ini sebelum 100 hari pemerintahannya berjalan.
i. Ada info tentang rencana JFK-Nehru-Soekarno untuk membuat aliansi negara Non-Blok untuk menyetop hegemoni NWO. Namun JFK keburu dibunuh, dan Soekarno digulingkan beberapa tahun kemudian. (Konon, JFK termasuk keluarga Illuminati ke-6, namun ia merencanakan kebijakan di luar yang digariskan oleh keluarga Illuminati tersebut.) Lihat (35)(36)(37).
j. Jika negara-negara Asia tidak ingin menjadi korban hegemoni NWO, maka tampaknya perlu menjajagi lagi kemungkinan mengembangkan poros Non-Blok seperti tahun 1955, dengan mengembangkan hubungan antara JKW-Modi-Trump. Mungkinkah hal ini? Silakan dikaji oleh para ahli kebijakan luar negeri.
k. Bagaimana dengan peran Rusia? Apakah benar Putin tidak termasuk dalam Illuminati, mengingat hampir semua media barat menggambarkannya sebagai tokoh yang kurang baik. Dapatkah Rusia diharapkan berperanan melawan NWO? Tentu perlu kajian tersendiri. (40)

Pesan
Kepada Xi Jinping dan semua warga RRC termasuk seluruh warga diaspora, jangan kalian mau dibohongi dengan bujukrayu dan tipudaya dinasti Merovingian, termasuk Soros, Rockefeller dan seluruh kroninya.
"Mr. Xi Jinping: Do not fall into the same deception as described in Genesis chapter 3, to be rebels against God. Do not succumb to the Lord of darkness. There is no way you can defeat the Supreme Creator. Mr. Xi Jinping, I am sure that you know of the concept of Tianxia - all under heaven, but it is supposed to mean: how to take care of the world, instead of conquering it. So, use your power carefully."
Xi Jinping tampaknya kerap mengutip Konfusius (22), tapi mungkin dia lupa bahwa Konfusianisme itu dekat dengan theisme(23)(26), jadi tidak ada hubungannya dengan komunisme-Marxisme. Karl Marx adalah salah satu keluarga Illuminati ke-13, ia juga seorang Satanist dan anggota "League of the Just", itulah virus yang telah meracuni seluruh dunia.(24)(25) Jadi komunisme-Marxisme tidak berakar pada kepercayaan kuno Tiongkok.
Ingatlah kembali bahwa nenek moyang dan leluhur Tiongkok mengenal Tian, yang sinonim dengan Shangdi (Lord of the High), namun kemudian bergeser artinya lalu disebut "langit." (27) Konsep Tian itu boleh jadi lebih dekat dengan apa yang disebut oleh Paulus dengan Agnostos Theos dalam pidatonya di Athena, 2000 tahun silam:

"Sebab ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu." Kis. 17:23

Bandingkan dengan teks Yoh. 7:28 ini:

Waktu Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berseru: "Memang Aku kamu kenal dan kamu tahu dari mana asal-Ku; namun Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, tetapi Aku diutus oleh Dia yang benar yang tidak kamu kenal."

Saya belum pernah pergi ke RRC, jadi tidak bermaksud mengajari siapapun tentang ancient religion, namun silakan lihat misalnya buku Matteo Ricci, Tianzhu Shi yi (28).
Bahwa yang dikenal sebagai Sang Pencipta dalam Konfusianisme disebut "Tian," dapat dibaca misalnya di buku World Religions: Almanac vol. 1. (32) Dalam konteks kebijakan luar negeri, William Callahan mempertanyakan apakah gagasan khas tentang "Tianxia" (All under Heaven) mengimplikasikan hegemoni? (33)

Penutup
Artikel ini memang jauh dari sebuah gambaran yang menyenangkan tentang masa depan seperti yang Anda baca di koran-koran arus utama. Mungkin ini adalah gambaran yang suram dan bisa jadi akan membuat perut mulas. Namun, mengutip seorang pendeta, tahun 2017 tampaknya akan merupakan permulaan di mana kambing dipisahkan dari domba. (16)

"Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing..." (Matius 25:32)

Perlu saya tegaskan di sini, bahwa saya tidak ada motif sentimen dengan para pengusaha atau keluarga dari etnis manapun. Banyak kenalan dan sahabat saya dari etnis tertentu, dan banyak di antara mereka pekerja keras dan saya menaruh respek kepada mereka. Banyak juga pendeta dan hamba Tuhan yang saya kenal berasal dari etnis tertentu, dan mereka semua sangat berdedikasi dalam melayani Tuhan.
Sebagai kalimat penutup, saya memang sama sekali awam dalam bisnis dan politik, dan artikel ini mungkin cukup tepat dari aspek biblika, namun aspek ekonomi-geopolitiknya silakan dikaji oleh para ahli di bidangnya.*
Selamat menyongsong tahun 2017. Tuhan mengenal dan mengasihi Anda semua, meski kita sering gagal mengenal dan memahami Dia.

Versi 1.0: 30 desember 2016, pk. 12:55
versi 1.1: 30 desember 2016, pk. 23:00
Versi 1.2: 1 januari 2017, pk. 1:09
Versi 1.3: 1 januari 2017 pk. 6:12
VC

*note: "I am only a humble messenger of God. There cometh one mightier than I after me, the latchet of whose shoes I am not worthy to stoop down and unloose." (read Mark 1:7)

Referensi:
(1) http://nationalinterest.org/feature/chinas-economic-plan-rule-asia-13233
(2) http://www.slate.com/blogs/moneybox/2015/11/24/china_s_role_in_africa_is_exciting_for_china_but_is_it_as_great_for_africa.html
(3) http://www.slate.com/blogs/moneybox/2015/11/24/china_s_role_in_africa_is_exciting_for_china_but_is_it_as_great_for_africa.html
(4) http://m.industryweek.com/public-policy/chinas-economic-mercantilism
(5) http://www.kemenkeu.go.id/en/Berita/indonesia-propose-6-infrastructure-projects-aiib
(6) http://iiee.or.id/2015/07/09/indonesia-power-plant-maritime-infrastructure-projects-to-be-financed-by-aiib/
(7) http://sitsshow.blogspot.co.id/2016/04/AIIB-Partners-with-the-World-Bank-New-World-Order.html
(8) http://www.thenewamerican.com/world-news/asia/item/21025-china-staking-claim-in-the-new-world-order
(9) http://www.thenewamerican.com/world-news/asia/item/21026-chinese-tyranny-2-0
(10) http://www.stoporganharvesting.org
(11) https://gmo-awareness.com/resources/anti-gmo-groups-america/
(12) https://www.organicconsumers.org/campaigns/millions-against-monsanto
(13) https://nworeport.me/tag/george-soros-announces-china-must-lead-the-new-world-order/
(14) http://www.abovetopsecret.com/forum/thread649714/pg1
(15) http://watch.pair.com/dragon-lineage.html
(16) http://josiehagenministries.blogspot.co.id/2014/04/the-blood-of-jesus-christ-is-against.html
(17) https://www.henrymakow.com/2014/12/is-robert-kuhn-china-handler.html
(18) https://crashrecovery.org/hallett/red-symphony.pdf
(19) http://sabdaspace.org/naga
(20) http://m.cnnindonesia.com/ekonomi/2015917064505-78-79263/tiga-bank-bumn-berutang-rp-4328-triliun-dari-bank-china
(21) Merics. http://www.merics.org/fileadmin/templates/download/china-monitor/China_Monitor_No_18_en.pdf
(22) http://chinadigitaltimes.net/2015/03/confucianism-authoritarianism-and-democracy/
(23) http://asiasociety.org/education/confucianism
(24) https://www.henrymakow.com/2015/04/Karl-Marx-Was-Rothschilds-Third-Cousin%20.html
(25) http://whale.to/c/karl_marx.html
(26) Lim Boon Keng. Confucian cosmogony and theism. Url: http://www.worldscientific.com/doi/pdf/10.1142/9789814472791_0002
(27) https://en.m.wikipedia.org/wiki/Tian
(28) Matteo Ricci. Tianzhu Shi yi (The true meaning of the Lord of Heaven). Url: http://en.cnki.com.cn/Article_en/CJFDTotal-ZGFY200806008.htm
(29) http://yournewswire.com/i-was-in-the-illuminati-im-going-to-tell-you-everything-shocking-expose/
(30) Ian Wood. The Merovingian Kingdoms, 450-751. Harlow: Longman Group UK Limited, 1994.
(31) Global Watch Weekly Report. The House of De Vere. May 16th 2014. Url: www.globalreport2010.com
(32) Michael J. O'Neal & J. Sydney Jones. World Religions: Almanac. Vol. 1. Farmington Hills: Thomson Gale, 2007. See p. 151-175.
(33) William Callahan. Chinese visions of world order. International Studies Review (2008) 10: 749-761. Url: http://williamacallahan.com/wp-content/uploads/2010/10/Callahan-TX-ISR-08.pdf
(34) http://www.mostholyfamilymonastery.com/news/snopes-will-fact-checking-facebook-employs-leftists-almost-exclusively/
(35) http://www.knowledgeoftoday.org/2011/12/new-world-order-exposed-john-f-kennedy.html
(36) https://www.larouchepub.com/other/2013/4035jfk_v_empire.html
(37) http://www.abovetopsecret.com/forum/thread975838/pg1
(38) http://www.hoover.org/sites/default/files/clm46ms.pdf
(39) http://www.china.org.cn/china/2016-12/31/content_40018962.htm
(40) http://csglobe.com/putin-banned-rothschild-banking-cartel-russia/


Victor Christianto
*Founder and Technical Director, www.ketindo.com
E-learning and consulting services in renewable energy
**Founder of Second Coming Institute, www.sci4God.com
Http://www.facebook.com/vchristianto
Twitter: @Christianto2013
Phone: (62) 812-30663059
***Papers and books can be found at:
http://nulisbuku.com/books/view_book/9035/sangkakala-sudah-ditiup
http://www.unesco.chair.network.uevora.pt/media/kunena/attachments/731/ChristologyReloaded_Aug2016.pdf
http://fs.gallup.unm.edu/APS-Abstracts/APS-Abstracts-list.htm
http://independent.academia.edu/VChristianto
Http://researchgate.net/profile/Victor_Christianto/
Http://id.linkedin.com/pub/victor-christianto/b/115/167
http://www.amazon.com/Victor-Christianto/e/B00AZEDP4E
http://www.amazon.com/Jesus-Christ-Evangelism-Difficult-ebook/dp/B00AZDJCLA
Http://gospel.16mb.com
http://www.kenosis4mission.tk
http://www.twelvegates.tk