Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2017

Garlic

Garlic

Shalom, selamat pagi saudaraku. Garlic alias bawang putih sangat akrab bagi semua orang yang rajin ke dapur, terutama para ibu dan mbak-mbak.


Asal usul
Dalam Alkitab LAI 1974 hanya ada satu ayat yang menyebut bawang putih:

Bilangan 11:5
Kita teringat kepada ikan yang kita makan di Mesir dengan tidak bayar apa-apa, kepada mentimun dan semangka, bawang prei, bawang merah dan bawang putih.

Jadi ayat ini sepertinya menunjukkan bahwa bawang putih berasal dari Mesir dan sangat disukai orang Israel. Namun ada juga yang menduga bahwa bawang putih berasal dari Siberia di Rusia.
Di Palestina ada hampir 70 jenis bawang. Pada zaman kuno bawang merupakan makanan biasa. Dalam Alkitab disebut ada 3 jenis bawang: 1. Bawang merah atau betsalim (allium cepa), yang sering menjadi bahan makanan namun juga berkhasiat obat. 2. Bawang putih atau syumim (allium sativum). 3. Bawang prei atau khasir. Juga digambarkan di kuburan Mesir. (1)

Deskripsi
Bawang putih dapat tumbuh di ladang-ladang di daerah p…

Blue Beam

*Project Blue Beam : Skenario Pemunculan Dajjal??*PENGERTIAN
Project Blue Beam adalah proyek rahasia yang melibatkan NASA dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Terdiri dari sebuah rencana yang melibatkan empat langkah untuk menciptakan sandiwara-buatan mengenai "Kedatangan Kedua YESUS / ISA ALMASIH ke bumi" (second coming of JESUS / ISA ALMASIH) untuk mendirikan  "satu agama dunia" yang dikendalikan oleh Tatanan Dunia Baru. Pertama kali dilaporkan ke publik pada tahun 1994 oleh Serge Monast, seorang wartawan Canada Serge Monast dan teman wartawannya, keduanya meneliti Project Blue Beam, meninggal karena "serangan jantung" dalam selang beberapa minggu satu sama lainnya, meskipun keduanya tidak memiliki catatan memiliki penyakit jantung.
Saat itu Serge sedang berada di Kanada. Wartawan Kanada temannya sedang berkunjung Irlandia.
Sebelum kematiannya, pemerintah Kanada menculik putri Serge dalam upaya mencegahnya untuk terus melakukan penelitian Project Blue Bea…

Project Blue Beam

*Project Blue Beam : Skenario Pemunculan Dajjal??*
PENGERTIAN Project Blue Beam adalah proyek rahasia yang melibatkan NASA dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Terdiri dari sebuah rencana yang melibatkan empat langkah untuk menciptakan sandiwara-buatan mengenai "Kedatangan Kedua YESUS / ISA ALMASIH ke bumi" (second coming of JESUS / ISA ALMASIH) untuk mendirikan  "satu agama dunia" yang dikendalikan oleh Tatanan Dunia Baru. Pertama kali dilaporkan ke publik pada tahun 1994 oleh Serge Monast, seorang wartawan Canada 
Serge Monast dan teman wartawannya, keduanya meneliti Project Blue Beam, meninggal karena "serangan jantung" dalam selang beberapa minggu satu sama lainnya, meskipun keduanya tidak memiliki catatan memiliki penyakit jantung. Saat itu Serge sedang berada di Kanada. Wartawan Kanada temannya sedang berkunjung Irlandia. Sebelum kematiannya, pemerintah Kanada menculik putri Serge dalam upaya mencegahnya untuk terus melakukan penelitian Project Blue Beam. Hin…

Korban

Korban

Teks: Yes. 53:10-12
10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.

Shalom, selamat malam saudaraku. Sebuah artikel yang baru dirilis hari ini menyatakan bahwa harapan terakhir bagi bangsa Amerika bukanlah salah satu partai, namun hanya pada Yesus.(1) Entah Anda…

Imlek

Imlek

Shalom, selamat pagi saudaraku. Besok pagi, saudara-saudari kita yang beretnis tionghoa akan merayakan Tahun Baru China yang kerap disebut Imlek. Kemarin saya memperoleh sebuah buku bagus karya seorang pendeta senior yang saya kenal, judulnya: "Kekristenan dan ketionghoaan: telaah atas imlek dan filsafat ketionghoaan."(4)
Buku itu menarik, tapi sayang sekali saya belum sempat menyelesaikannya. Jadi saya memutuskan untuk mengirim pesan teks ke pengarangnya yang kebetulan pernah menjadi pendeta jemaat di gereja kami dulu sekitar tahun 1992-2000an.
Begini isi sms saya kepada beliau:

"Saya baru mendapat buku bapak tentang imlek. Boleh tanya sedikit?
A. Apakah tahun baru imlek itu memuja dewa Naga atau memuji Tian?
B. Apakah betul Konfusianisme itu sebentuk teisme yang menyembah Tian?
C. Bolehkah umat kristen tionghoa ikut merayakan tahun baru China?
Mohon tanggapan bapak dari aspek teologis dan historis. Tq."

Kemudian beliau menjawab sebagai berikut:

"Soal …

Nesdok

Nesdok

Shalom, selamat pagi saudaraku. Pagi ini izinkan saya membicarakan tentang sudut pandang. Apakah Anda pernah mendengar kisah berikut ini?
Suatu hari, ada tiga orang teman lama sedang melewatkan waktu setelah makan siang. Yang satu adalah seorang insinyur, lalu temannya dokter, dan yang terakhir adalah ekonom. Topik yang mereka bicarakan adalah penciptaan menurut kitab Kejadian. Si insinyur mengawali dengan pertanyaan: "Ingatkah kalian bahwa Tuhan memisahkan lautan dari daratan? Menurut saya Tuhan itu seorang insinyur." Lalu kawannya yang dokter menyahut: "Tidak mungkin. Tuhanlah yang mengoperasi Adam dan mengambil rusuknya, lalu menciptakan Hawa. Jadi Dia adalah dokter." Si ekonom jadi kesal, lalu menukas: "Kalian semua tidak mengerti. Menurut kalian, dari manakah asalnya semua kekacauan di dunia? Hanya seorang ekonom yang bisa."
Ya, ini adalah sebuah humor yang sudah kuno. Mungkin kalau ada orang keempat, dia akan menambahkan perspektif baru, yai…

Smerconish

Smerconish

Shalom, selamat pagi saudaraku. Jika Anda sering menonton tayangan berita terkini di saluran televisi kabel CNN, mungkin Anda akan menyadari bahwa salah satu tokoh yang sedang menjadi trend adalah Smerconish. Dia adalah komentator yang kontroversial namun juga sering dikutip.
Beberapa hari lalu saya membaca berita di CNN dan lagi-lagi Smerconish dikutip dalam hubungan dengan tuduhan peretasan (hacking) oleh Rusia. Dia menyatakan telah mendapat bocoran dari Gen. Michael Hayden, mantan direktor CIA dan NSA, bahwa tuduhan peretasan data pilpres tersebut tidak akan dapat dibuktikan secara "hard-proof," karena memang hasil rekayasa belaka. Hayden prihatin akan kecenderungan partisan di tubuh badan intelijen tersebut:

Hayden: Putin hack intel 'brick short of a load' - CNN Video
"Fmr CIA and NSA chief Michael Hayden on why the Putin hack intel report can't contain proof, and why partisanship is unhealthy for the intelligence community.."(1)(2)

Dalam…

Soros

Soros

Shalom, selamat pagi saudaraku. Dalam artikel kali ini, saya akan lebih banyak mengajukan pertanyaan ketimbang jawaban, dengan harapan kita akan belajar lebih kritis dalam membaca peristiwa-peristiwa yang sedang terjadi.

Allegiance
Salah satu dokumen yang paling dikenal oleh bangsa Amerika adalah yang disebut sebagai sumpah setia (Pledge of Allegiance), di antaranya berbunyi: "one nation under God...justice for all."(1) Maksudnya adalah bahwa seluruh penduduk Amerika bersumpah setia kepada Tuhan, dan berupaya untuk mewujudkan keadilan bagi semua. Tentu ini ideal yang sangat baik dan pantas untuk diperjuangkan.
Namun, agaknya idealisme itu mulai dipertentangkan dengan idealisme yang bertolak dari materialisme, seperti misalnya Lebensraum dari George Soros.(2)(3) Nanti kita akan bahas tentang dia lebih lanjut.
Selain itu, ada kabar juga dari beberapa teman tentang kebangkitan gerakan gereja ateis, yang disebut Sunday Assembly. (4) Kabarnya gerakan ini mulai populer di be…

Berlaku adil di tahun baru

Berlaku adil di tahun baru

Bacaan I: I Raj. 3:16-27
Bacaan II: Yoh. 8:3:11
Kotbah tutup tahun 2016

Shalom, saudara-saudara yang kekasih. Dalam menyongsong tahun yang baru, biasanya orang mulai merenung apa saja yang telah dilakukan dan dicapai pada tahun ini, sambil membuat resolusi atau tekad untuk tahun depan. Salah satu hal penting yang patut direnungkan adalah: apakah kita telah bertindak adil dengan semua orang yang ditempatkan Tuhan di sekitar kita?
Pernahkah Anda mengamati plot cerita suatu film laga? Hampir selalu ditampilkan bahwa orang-orang baik selalu menang pada akhirnya, dan orang-orang jahat mendapatkan ganjaran yang setimpal. Yang disebut "ganjaran yang setimpal" itu biasanya adalah hal-hal yang buruk atau hukuman. Itulah yang disebut dengan keadilan retributif, dan konsep ini telah mengakar begitu mendalam pada budaya Barat. Inilah yang mendasari seluruh tatanan peradilan.(6)
Konsep keadilan retributif berkaitan erat dengan hukuman. Memberikan ganjaran yang …

Merovingian

Merovingian

Teks: Yohanes 10:10
"Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan."

Shalom, selamat pagi saudaraku. Biasanya ramalan di surat kabar dan televisi mengatakan bahwa tahun mendatang berisi peluang, tantangan, kesempatan dan ancaman. Kita juga mungkin menulis kepada sahabat-sahabat kita: best wishes for you in the new year (Harapan terbaik buatmu di tahun yang baru.) Saya juga ingin mengucapkan hal yang sama kepada Anda semua, namun sayangnya apa yang akan saya tulis berikut ini bukan berisi hal-hal yang menyenangkan.
Dan sekalipun artikel ini ditulis dari perspektif kristiani, namun semoga dapat diikuti juga oleh para pembaca dengan latarbelakang iman yang berbeda. Bagi pembaca yang berlatarbelakang pendidikan teologi, mohon maaf jika dalam artikel ini saya menerapkan hermeneutik detektif a la Sherlock Holmes.

Pendahuluan
Artikel ini adalah kelanjutan dari artikel…